Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Unit » Publikasi

Baseline Study Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Masyarakat Dampingan PT. PERTAMINA Hulu Energi Blok Offshore Northwest Java (PHE ONWJ) Di Desa Eretan Kulon Indramayu

Penulis/ Peneliti : Clara R. P. Ajisuksmo dan Nilla Dewi Iustitiani

Penelitian dilakukan Tahun 2017

 

 Baseline Survey: PHBS

Baseline Study dilaksanakan di kampung nelayan yang berada di Desa Eretan Kulon, Indramayu, Jawa Barat. Penelitian ini menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, untuk memperoleh data primer dan sekunder yang relevan dengan tujuan dari penelitian ini. Tahapan dalam pelaksanaan pengumpulan data dirinci sebagai berikut ;

 

a. Survey Rumah Tangga (Household Survey)

Pada survey ini menggunakan kuesioner yang bertujuan mengukur variabel-variabel berikut:

Data demografis dan karakteristik rumah tangga, termasuk di dalamnya anggota keluarga, jenis kelamin, usia, latar belakang pendidikan, pekerjaan, besarnya pendapatan, alokasi besarnya pengeluaran

      1. Aktivitas terkait kesehatan ibu dan anak
      2. Kondisi Gizi anggota rumah tangga
      3. Pengetahuan, sikap dan perilaku terkait dengan kesehatan lingkungan
      4. Pengetahuan, sikap dan perilaku terkait dengan gaya hidup
      5. Pengetahuan, sikap dan perilaku terkait dengan dana sehat

 

b. Pendekatan Kualitatif

Pada pendekatan kualitatif dilakukan serangkaian Focus Group Discussions (FGD) dan Key Informant Interviews (KII). Gender dan posisi atau sosial status peserta akan menjadi kriteria dalam menentukan peserta FGD. Sedangkan posisi atau sosial status dari narasumber digunakan sebagai kriteria dari narasumber dalam KII.

 

c. Analisa Data

Data kuantitatif dari survey rumah tangga dikoding kemudian dianalisa dengan menggunakan bantuan perangkat Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Data deskriptif, frekuensi, tabel dan grafik digunakan pada analisa data.

 

Untuk analisa data kualitatif, dilakukan pengkategorian tema yang muncul dari wawancara. Setelah data dikategorikan, kemudian dilakukan interpretasi data. Dalam proses analisis dilakukan pula triangulasi data dan metode. Triangulasi data dengan membandingkan temuan dari beberapa kelompok FGD yang ada. Triangulasi metode dilakukan dengan mempertimbangkan temuan dari FGD dan KII.

 

d. Data Kolektor/Eneumerator

Data kolektor atau enumerator pada evaluasi ini:

        1. PKPM merekrut Contact Person dari orang lokal berdasarkan jaringan yang dimiliki oleh PKPM
        2. PKPM merekrut enumerator untuk membantu proses pengambilan data di lapangan. 
        3. PKPM melakukan pelatihan satu (1) hari untuk enumerator. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan enumerator dalam pengambilan data.
        4. Salah satu dari tim peneliti bertindak sebagai koordinator lapangan yang memonitor dan memastikan kualitas data yang diambil oleh enumerator.

 

e. Tahapan Penelitian

        1. Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Penelitian, Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk memperoleh masukan sehubungan dengan metodologi yang diterapkan dalam penelitian, termasuk di dalamnya, pemilihan lokasi, jumlah responden yang dilibatkan, serta jadwal untuk pengumpulan data serta penyelesaian laporan akhir kajian.
        2. Kajian Pustaka, Pada tahapan ini tim peneliti melakukan kajian terhadap berbagai pustaka yang ada dan relevan dengan program Bank Sampah dan PHBS
        3. Pengembangan protokol kuesioner dan panduan data kualitatif, Pada tahapan ini dilakukan protokol kuesioner dan panduan FGD dan wawancara untuk mengeksplorasi:

a. Pengetahuan, sikap dan perilaku sebelum dan sesudah program PHBS dijalankan

b. Pengetahuan, sikap dan perilaku sebelum dan sesudah program Bank Sampah dijalankan

c. Dampak dari program PHE ONWJ yang sudah dilakukan bagi masyarakat

 

4. Pengumpulan Data Lapangan,

a. Pada tahapan ini tim peneliti dan enumerator akan melakukan pengumpulan data ke lokasi.

b. Pengumpulan data akan dilakukan dengan bantuan dari orang lokal setempat.

c. Pihak KLIEN merekomendasikan orang-orang yang  terlibat dalam  FGD dan juga orang-orang yang menjadi informan kunci untuk diwawancarai.

 

    1. Analisis Data dan Penulisan Laporan

Data yang terkumpul akan dianalisis dan dijadikan dasar untuk penulisan laporan

Kalender
S S R K J S M
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31
bottom