Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Tanggap Banjir - Semangat Membangun Desa

PENGABDIAN MASYARAKAT TANGGAP BANJIR

MENGEMBALIKAN SEMANGAT MEMBANGUN DESA

DENGAN PENGOBATAN MASSAL DI PANTAI HARAPAN JAYA

 

Penombo 2015

     Sabtu, 7 Maret 2015 dilakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat sebagai respon terhadap banjir yang terjadi di Desa Pantai Harapan Jaya Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi pada awal tahun 2015 yang lalu. Kegiatan tersebut dengan tema “Pengabdian masyarakat tanggap banjir, mengembalikan semangat membangun desa dengan  pengobatan massal”. Sejumlah 399 warga masyarakat tercatat dapat terlayani dalam pemeriksaan kesehatan. Berbagai keluhan penyakit akibat banjir yang melanda wilayah mereka dijawab dengan tindakan konkrit pengobatan gratis.

 

     Kegiatan Pengabdian ini dilaksanakan secara kolaboratif lintas unit, yang terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukun, FIABIKOM, dan FKIP yang didukung Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Khusus tim medis dari Fakultas Kedokteran sejumlah 20 orang yang dikoordinatori olrh dr. Evelyn Loanda, M.Biomed melakukan tensi  darah, pemeriksaan sampai pada pemberian obat. Tim pendukung dari Fakultas atau unit lain yang ada di Semanggi sebanyak 15 orang. Tim dari Atma Jaya didukung 20 orang perangkat Desa dan Bidan Desa Pantai Harapan Jaya sehingga dapat berjalan lancar.

 

     Masyarakat sangat antusias menghadiri dan memanfaatkan pelayanan kesehatan sehingga kebanyakan mereka datang lebih awal dari waktu mulainya acara. Antusiasme juga dapat dirasakan pada saat para peserta ini antre menunggu giliran dari depan kantor desa sampai di meja pendaftaran. Orang dewasa yang memang membutuhkan dan direkomendasikan oleh dokter juga disediakan fasilitas mengukur Gula darah, asam urat dan kolesterol. Semua rangkaian acara terlaksana dari pukul 10.00 sampai pukul 14.45 dengan lancar.

 

     Desa Pantai Harapan Jaya adalah salah satu daerah mitra Unika Atma Jaya yang tersebut dalam Memorandum of Understanding (MoU) bernomor 826/III/PM.20.01/09/2014. Di daerah mitra ini telah banyak dilakukan aktifitas civitas akademika baik Penelitian maupun Pengabdian Masyarakat. Relasi harmonis yang sudah terbangun dengan para warga dan birokrasi Desa bahkan telah beberapa kali warga dan beberapa staf Desa berkunjung ke Unika Atma Jaya dalam berbagai acara semakin dikuatkan dengan acara ini.

 

---***---