Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Mini Workshop
 Mini Workshop

Healthy and Smart School



Mini WorkshopPada tanggal 25 Oktober 2011 Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) mengadakan Mini Workshop di Kampung Sawah. Mini workshop ini dilakukan untuk membuat rencana kegiatan bersama (participatory planning) agar dapat tercapai program yang berkesinambungan (sustainable program). Tema besar program Pengabdian di daerah Kampung Sawah adalah Masyarakat sehat dan cerdas. Tema besar Pengabdian ini dikerucutkan dalam pilihan strategis dan mempunyai daya pengaruh luas di masyarakat yaitu komunitas pendidikan dengan mengangkat  tema “Sekolah Sehat dan Cerdas” (Healthy and Smart School).


Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Pusat Pemberdayaan Masyarakat Unika Atma Jaya Jakarta dengan sekolah-sekolah dan lembaga sosial di wilayah Kampung Sawah dan Cakung Bekasi, yang akan menjadi mitra kerja dalam program pengabdian kepada masyarakat Unika Atma Jaya pada waktu yang akan datang. Di dalam merealisasikan program ini, Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) telah melibatkan Fakultas Ekonomi dengan koordinator Bapak Suhartoko dan Fakultas Kedokteran dengan koordinator Ibu drg. Liling Pudjilestari, DDPH. Kompetensi dan pengalaman dalam melaksanakan program (lesson learnt) dari PPM dan Fakultas dipaparkan dengan menarik untuk menginspirasi para peserta dalam merencanakan kegiatan bersama.


Diskusi kelompok dilakukan untuk memetakan sumberdaya masing-masing sekolah dan menginfentarisir kegiatan-kegiatan yang sudah ada beserta dengan efektivitasnya. Masing-masing kelompok dipandu untuk sampai pada usulan rencana kegiatan riil baik untuk jangka pendek (dalam tahun 2011) maupun jangka yang lebih panjang (tahun 2012). Dalam jangka pendek disepakati akan dilakukan kegiatan:

a. Seminar Kesehatan Reproduksi untuk guru-guru (5 November)

b. Workshop Kesehatan Reproduksi untuk siswa kelas 6 (12 November)

c.  Revitalsisasi perpustakaan

d. Seminar Kewirausahaan

e. Pelatihan penulisan untuk guru-guru


Mini Workshop2

Semangat keterlibatan dari para peserta sangat tinggi dalam setiap proses, terlebih dalam diskusi kelompok. Para wakil dari sekolah yang datang menyampaikan ide-ide pemikiran untuk pengembangan program bersama ke depan.

 

Pada saat diskusi dalam forum Bapak R. Sunarto, perwakilan dari Pengurus Perkumpulan Sekolah Strada Cabang Bekasi menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang mendalam atas kerja sama penyelenggaraan Mini workshop yang diselenggarakan di Sekolah strada Nawar ini. Beliau menyampaikan “ Program ini merupakan salah satu aktifitas riil  dalam menjawab beberapa persoalan di bidang pendidikan yang juga dialami oleh sekolah-sekolah di Kampung Sawah-Bekasi dan sekitarnya”. Sekolah-sekolah bahkan dalam dalam jumlah lebih banyak dan wilayah lebih luas sangat terbuka untuk kerjasama selanjutnya demi kemajuan guru dan anak-anak.


Mini Workshop ini dihadiri oleh 23 orang guru perwakilan dari 7 tujuh sekolah yang ada di Daerah Kampung Sawah dan sekitarnya. Perwakilan sekolah yang hadir satu PAUD - PKBM, dua Taman Kanak-Kanak, tiga Sekolah Dasar dan dua SMP. Hadir juga dalam acara ini dua orang perwakilan dari pengurus perkumpulan Strada cabang Bekasi yaitu Bapak R. Sunarto dan Ibu Yuli.

Mini Workshop3