Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Kuliah Kerja Nyata Unika Atma Jaya

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu wahana  bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori-teori yang dimilikinya  ke dalam sebuah wujud nyata  pengabdian kepada masyarakat, pada saat yang sama mahasiswa dapat belajar dari pengalaman praksis di masyarakat dalam  hal tata kehidupan, nilai-nilai budaya, dan kearifan lokal (local wisdom) yang ada. Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga merupakan bentuk  konkrit  dari  pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang di dalamnya mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Program ini merupakan bentuk riil dan wujud nyata bahwa secara sistemik Universitas Atma Jaya concern terhadap masalah-masalah kemasyarakat,an terutama masyarakat yang terpinggirkan (preferential option for the poor).

KKN dilaksanakan selama bulan Juli, pada minggu pertama dilakukan pembekalan dan pada minggu berikutnya sampai akhir bulan, merupakan tahap pelaksanaan di lokasi. KKN di Unika Atma Jaya para peserta telah dibekali dengan berbagai pemahaman dan keterampilan yang berkaitan dengan paradigma baru KKN, pendekatan kemasyarakatan, hingga keterampilan teknis yang dibutuhkan.

Tahap pelaksanaan  KKN tahun 2011, yang merupakan KKN pertama di Universitas Atma Jaya ini, program yang dijalankan diorientasikan pada tiga  bidang yaitu pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Orientasi tiga bidang tersebut diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

1. Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) dalam bentuk Pelatihan cuci tangan dan Sikat Gigi untuk anak-anak sekolah, telah menjangkau 300 anak lebih.

2. Revitalisasi Balai Belajar “KITA”, dalam bentuk pendampingan belajar, pembentukan pengurus, pengadaan rak buku dan meja, serta pemberian motivasi membaca melalui aneka game (permainan). Kegiatan ini mampu menjangkau 60 anak .


3. Pembuatan Plang penunjuk arah jalan,  plang ini terdistribusi menyeluruh ke tempat-tempat strategis seluruh wilayah desa.

4. Renovasi Musholla, sebagai respon positif atas usulan dan musyawarah warga setempat khususnya dalam hal persiapan menghadapi bulan puasa.

5. Pendataan ekonomi dan kesehatan  masyarakat, untuk meng-update  data monografi desa dan data base untuk program-program selanjutnya. Salah satu tergetnya yang menjadi out put adalah Peta Desa.

KKN yang dilaksanakan di Desa Pantai Harapan Jaya, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, kali ini diikuti oleh 14 Mahasiswa dari 4 Fakultas, yaitu: Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Teknobiologi. Para mahasiswa akan ditarik dari lokasi pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2011. Nilai keberpihakan (kepada yang lemah dan terpinggirkan) telah disemai, jangan biarkan menjadi layu sebelum berkembang……….