Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Air Bersih untuk Anak-anak Sekolah

Air Bersih untuk Anak Sekolah
Wilayah Indonesia memiliki curah hujan rata-rata antara 2000-4000 mm/tahun. Angka curah hujan yang tinggi ini seharusnya membuat negeri kita tidak khawatir akan ketersediaan air bersih. Namun karena belum ada pengelolaan air hujan secara baik, tingginya curah hujan justru menjadi bencana dalam bentuk banjir. Banjir pada musim hujan dan secara ironis kekeringan melanda ketika musim kemarau datang. Bertolak dari kondisi inilah sistem pengelolaan air hujan sederhana penting untuk dimulai.

Sistem pengelolaan air hujan sederhana dikerangkai dalam program Water For School. Program ini mengkombinasikan pembangunan secara fisik dan non fisik. Pembangunan sarana fisik melalui pembuatan tempat cuci tangan, tangki penampungan air hujan, perbaikan sarana sanitasi sekolah seperti WC  dan kamar mandi. Tangki penampungan air hujan diberikan ke tiga sekolah yang sangat membutuhkan yaitu SDN Pluit 01, SDN Sukaringin 01 dan SDN Pantai Harapan Jaya 01 sekaligus sebagai pengenalan teknologi sederhana pemanfaatan air hujan di sekolah.

Sedangkan  pembangunan non fisik berupa peningkatan kapasitas warga sekolah melalui kampanye penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Cuci tangan sebagai gerakan perubahan menuju perilaku hidup bersih dan sehat dilakukan secara rutin dan teratur di sekolah-sekolah dengan dimotori oleh para Duta HiASan (Duta Higiene Air dan Sanitasi).

Program ini merupakan kerjasama antara Coca-Cola Foundation Indonesia dengan Unika Atma Jaya Jakarta dengan sasaran program 10 Sekolah Dasar Negeri di Bekasi, Jakarta dan Tangerang. Di Jakarta meliputi SDN Pluit 01 dan SDN Penjaringan 10. Di Bekasi meliputi SDN Sukaringin 01, SDN Pantai Harapan Jaya 01, SDN Sukadanau 03, dan SDN Sukadanau 06. Di Tangerang meliputi SDN Kedokan, SDN Bendungan, SDN Sampora 01, dan SDN Sampora 02.

Pada tanggal 19 Februari 2011 dilakukan serah terima ke sekolah-sekolah yang secara simbolik dilaksanakan di SDN Pluit 01. Penyerahan dilakukan oleh Ibu Titie Sadarini, sebagai Ketua Pelaksana Coca-Cola Foundation Indonesia dan Prof. FG. Winarno, Rektor Unika Atma Jaya. Pada acara tersebut sekaligus melantik Duta HiASan yang berjumlah 160 siswa dari 10 Sekolah.

Air Bersih untuk Anak Sekolah2