Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Asesmen Bisnis Prospektif dan Potensial yang Dikembangkan Secara Kelompok di Daerah Menteng Tenggulun, Cakung Timur, dan Rawa Badak Selatan

Penulis/ Peneliti : Clara R. P. Ajisuksmo dan Nilla Sari Dewi Iustitiani

Tahun 2018

 

Tujuan dari asesmen ini adalah untuk mengetahui kelayakan bisnis atau usaha kecil yang dapat dikembangkan secara berkelompok di ketiga wilayah dampingan GNI, yaitu di Community Development Program (CDP) Cakung Timur, CDP Menteng Tenggulun dan CDP Rawa Badak Selatan. Tujuan khusus yang hendak dicapai dari asesmen ini adalah: (1) Mengetahui jenis-jenis usaha kecil yang berhasil dikembangkan secara kelompok hingga tahun 2018 di wilayah: Cakung Timur, Menteng Tenggulun, dan Rawa Badak Selatan; (2) Mengetahui jenis-jenis usaha kecil yang mempunyai potensi keberhasilan untuk dikembangkan secara kelompok pada tahun 2018 di wilayah Cakung Timur, Menteng Tenggulun, dan Rawa Badak Selatan; (3) Menemukan faktor-faktor yang menyebabkan tidak berfungsinya sebuah kelompok yang sudah ada sebelumnya di daerah dampingan; (4) Memberikan masukan dan rekomendasi terkait program ekonomi kepada CDP; dan (5) Melakukan evaluasi kegiatan Business Group Assessment.

 

Ketiga wilayah menyatakan bahwa wilayah mereka potensial untuk dikembangkan usaha. Usaha yang potensial adalah warung makan atau catering, olahan makanan, jualan sembako, laundry atau cuci kiloan, daur ulang sampah berupa souvenir, konveksi, koperasi, jasa cat motor, dan jualan on-line. Alasannya kebutuhan masyarakat tinggi, dan keterampilan untuk menjalankan usaha tersebut mudah dipelajari.

 

Kalender
S S R K J S M
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  
bottom