Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Pengembangan Pelayanan Kesehatan Primer di Perkotaan oleh Unit Pelayanan Kesehatan Swasta (Kasus Unit Anggota Perdhaki di Wilayah Jakarta, Malang, dan Ujungpandang)

Penulis/Peneliti: Susy Y.R. Sanie

Tahun: 1989

Peningkatan peranan lembaga swasta khususnya pelayanan kesehatan swasta dalam pengembangan pelayanan kesehatan primer (PHC) merupakan salah satu tujuan dari program bina peran serta masyarakat Departemen Kesehatan RI.

Proyek kerjasama Perdhaki dan Pusat Penelitian Atma Jaya ini berusaha menjawab tantangan tersebut melalui program pengembangan PHC Perkotaan melalui suatu Operation Research selama 3 tahun yang didanai oleh Miserior.

Tujuan Penelitian:
Penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan pola pengembangan PHC perkotaan oleh pelayanan kesehatan swasta, khususnya pada 41 unit pelayanan kesehatan anggota Perdhaki di Wilayah Jakarta, Malang, Sulawesi Selatan dan Tenggara. Dalam studi ini dipelajari bagaimana pelaksanaan kegiatan PHC pada unit-unit tersebut saat ini, tahap-tahap apa yang telah dilalui selama proses pengembangan kegiatan PHC tersebut, faktor-faktor penunjang keberhasilan, dan hambatan-hambatan penyebab kegagalan, dan sebagainya. Selain itu juga dipelajari seberapa jauh Perdhaki Wilayah dapat berperan dalam membina dan membimbing unit-unit anggota untuk mengembangkan dan melaksanakan kegiatan PHC.

Metodologi:
Data yang dikumpulkan meliputi informasi sejarah pengembangan PHC di unit-unit anggota Perdhaki Wilayah Jakarta, Malang, dan Sulselra yang bercirikan perkotaan. Pelaksanaan pengumpulan data Baseline Survey ini menggunakan 2 metode pengumpulan data, yaitu:

  1. Wawancara mendalam (In-depth Interview) terhadap unit-unit anggota Perdhaki dan Pengurus Perdhaki Wilayah di Jakarta , dan
  2. Mailing Questionnaire yang dikirimkan ke 14 unit anggota dan pengurus Perdhaki Wilayah Malang dan Ujungpandang.

Sebelumnya, dipelajari data sekunder yang ada di Perdhaki Pusat, berupa: laporan rutin, laporan proyek-proyek khusus yang dilaksanakan di unit-unit tersebut, laporan evaluasi pesan-pesan Mawi 1988, serta data-data lain yang relevan.

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
bottom