Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Evaluasi Program Dokter Kecil Pada Empat Sekolah di Kelurahan Penjaringan Jakarta Utara

Penulis/Peneliti: Charles Surjadi, Okki Gunawan

Tahun: 1986

Penelitian program dokter kecil pada empat sekolah di kelurahan Penjaringan Jakarta Utara ini dilaksankan oleh RS Atma Jaya melalui puskesmas dengan bantuan dana dari yayasan Ford.

adapun tujuan penelitian ini adalah mengukur efektivitas pelaksanaan program dokter kecil pada murid sekolah dasar serta dampaknya pada pengetahuan dan praktek kesehatan murid sekolah dasar tersebut.

Empat sekolah dasar tersebut adalah SD Negeri 01 Penjaringan ,SD Negeri 02 Penjaringan, SD Wijaya Kusuma, dan SD GEnezaret. Dokter kecil dipilih dari murid-murid kelas IV, V dan VI pada empat sekolah dasar tersebut.

Populasi yang diteliti adalah 96 orang dokter kecil yang telah mengikuti penataran dokter kecil, dan murid-murid yang dikelasnya mempunyai dokter kecil.
Dalam penelitian ini digunakan test untuk mengukur perubahan pengetahuan dokter kecil, kuesioner untuk menilai kesehatan pribadi dan kesehatan lingkungan, dan kuesioner untuk menilai pendapat orang tua dan guru terhadap program dokter kecil.

Selanjutnya diuraikan pelaksanaan program dokter kecil, pengorganisasian program dokter kecil dan pembinaannya, keadaan kesehatan murid sekolah, keadaan kesehatan lingkungan sekolah, beberapa hal yang mempengaruhi keaktifan dokter kecil, pembahasa dan kesimpulan.


Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
bottom