Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Pelatihan Penulisan Jurnal Nasional Terakreditasi

Pelatihan Penlsan Jurnal Nas Terakreditasi


Bertepatan dengan Hari Kartini, 21 April 2010, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Jurnal Nasional Terakreditasi.  Pelatihan ini dirancang untuk memberikan bekal kepada para dosen agar dapat mempersiapkan diri menulis artikel yang ditujukan untuk dimuat di Jurnal Nasional Terakreditasi.

 

Pelatihan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 21 April 2010 bertempat di Ruang Rapat Besar PKPM  Unika Atma Jaya. Dalam kegiatan ini menghadirkan 3 orang fasilitator; (1) Prof. Dr. Suminar Setiati Achmad (DIKTI), (2) Dr. Rory A. Hutagalung,  dan (3) Dr. phil. Hana Panggabean. Dua orang fasilitator terakhir berasal dari Atma Jaya.

 

Acara dibuka oleh Wakil Ketua LPPM, Ibu Lamtiur H. Tampubolon, Ph. D kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ibu Prof. Dr. Suminar Setiati Achmad dari DIKTI yang menyampaikan materi Bahasa Indonesia dan Peristilahan dalam Penulisan Karya Ilmiah dilengkapi dengan Pedoman Khusus Tata Istilah dan Tata Nama Kimia serta Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Ibu Suminar menyampaikan program Glosari  untuk  membantu pencarian penjelasan suatu istilah.

Setelah pelatihan ini banyak dosen yang ingin konsultasi dan minta masukan atas jurnal yang sudah disiapkan kepada Ibu Suminar. “Wah saya tidak jadi konsultasi karena kepanjangan antrian….” Ungkap salah seorang dosen dari Fakultas Teknik yang tidak mendapat kesempatan konsultasi karena banyaknya dosen yang sudah antri berurutan.

 

Peserta pelatihan ada 25 orang. Tiga belas orang dari internal Atma Jaya dan selebihnya dari luar Atma Jaya yaitu dari Universitas Gunadarma dan ABFII Perbanas. Kebanyakan peserta internal Atma Jaya sudah mempersiapkan artikel yang akan dikirim ke jurnal tertentu. Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan, banyak pertanyaan yang diajukan dan dijawab oleh fasilitator, membuat acara terasa dinamis.

 

Setelah makan siang Bapak Rory dan Ibu Hana Panggabean menyampaikan pengalamannya  dalam menulis artikel dan dimuat di Jurnal Terakreditasi. Pak Rory yang memiliki  background perikanan memaparkan hasil penelitiannya tentang ikan Keling Hijau. Sedangkan Ibu  Hana menyampaikan beberapa hal penting penulisan artikel untuk bidang sosial.  Penulisan artikel bidang sosial yang lebih banyak  mendapat perhatian adalah study empiric. Ibu Hana juga menyampaikan, bagian pendahuluan lebih diarahkan untuk menjawab pertanyaan kenapa, bukan menjawab pertanyaan untuk apa.

 

“Pengelola jurnal itu seperti orang gila……” kata Ibu Suminar. Alasan yang dikemukakan sebagai penyebab adalah  mengelola jurnalnya susah, menyuruh orang  menulis juga susah, belum lagi mengurus akreditasinya………lebih susah. “Meskipun demikian harus kita upayakan terus” lanjutnya.

 

Dalam sesi tanya-jawab yang menarik dan banyak mendapat sorotan adalah persoalan plagiarisme, mulai dari metodologi sampai content. Plagiarisme membunuh kreatifitas dan untuk menghindari plagiarisme, salah satunya adalah  dengan jujur dan disiplin menyebutkan sumbernya atas  segala sesuatu yang bukan dari hasil pemikiran kita.