Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Pelatihan Penulisan Jurnal Internasional

Pelatihan Penulisan Jurnal Inter

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unika Atma Jaya menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Jurnal Internasional. Kegiatan tersebut diselenggarakan padaHari Kamis, tanggal 29 April 2010 pukul 09.30-16.00 WIB. Bertempat di Ruang Rapat Besar PKPM Unika Atma Jaya.

 
Peserta pelatihan sebanyak 14 orang yang berasal dari Fakultas Kedokteran, Teknobiologi, Teknik, Ekonomi, Pascasarjana dan Ilmu Administrasi. Fakultas yang paling banyak mengirimkan peserta  adalah dari Fakultas Teknik (36 %). Sedangkan Fasilitator yang dihadirkan adalah Prof. Dr. Wasmen Manalu (DIKTI), Dr. Sri Hasnawati, dan Yanti, Ph.D.

 
Pelatihan Penulisan Jurnal  Internasional ini didisain untuk memberikan sabanyak mungkin informasi  sampai teknik dan trik menulis Jurnal sehingga selain Fasilitator dari DIKTI yang menyampaikan materi,  juga fasilitator internal  yang memiliki pengalaman dalam menulis Jurnal Internasional membagi pengalaman mereka.


Acara dibuka oleh Wakil Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada  Masyarakat (LPPM) Ibu Lamtiur  H. Tampubolon, Ph. D kemudian dilanjutkan presentasi  Ibu Yanti, Ph. D dari Fakultas Teknobiologi  yang menyampaikan makalah tentang Tips & Tricks on How to Get Published in the International Journal.  Sesi  ibu Yanti dilanjutkan dengan share tambahan oleh Dr. Sri Hasnawati.

 

Setelah makan siang sampai sore sepenuhnya diisi oleh Prof. Dr. Wasmen Manalu dari DIKTI yang menyampaikan materi dengan judul Penulisan Artikel  Ilmiah Pada Jurnal Internasional. Dalam sesi ini banyak pertanyaan yang disampaikan oleh para peserta yang berkaitan dengan penulisan Jurnal.

 
Pelatihan  ini dirancang untuk meningkatkan  jumlah, pengetahuan, dan mutu penelitian  Ilmiah yang akan dipublikasikan secara Internasional. Dalam pelatihan muncul pertanyaan yang mengarah ke dalam usulan tentang dukungan secara sistemik  dalam penulisan jurnal Internasional  khususnya pada tahap editing. Salah satu alternatif  yang terlontar adalah penyediaan anggaran untuk editing bahasa Inggris yang dikoordinasikan  lewat LPPM tetapi harus dibatasi dengan kuota dan target. Prinsip First In First Out (FIFO) dapat dijadikan sebagai salah satu aturan yang diajukan untuk disepakati. Sebagai informasi, LPPM telah mendapat dukungan dana dari Unika untuk membantu dosen yang telah mempunyai artikel dalam bahasa Inggris untuk diedit dalam segi bahasa. Untuk teman-teman dosen, silakan menghubungi LPPM secepatnya untuk memperoleh bantuan teknis ini.