Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Pelatihan Keuangan

Pelatihan Keuangan

Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam pembuatan laporan keuangan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan Pelatihan Keuangan. Pelatihan keuangan ini dikaitkan dengan kegiatan di pusat-pusat dan di Fakultas yang menyangkut penelitian, pengabdian masyarakat, seminar, dan sebagainya dengan dana dari sponsor maupun dari universitas. Dengan demikian materi pelatihan ini diharapkan dapat diaplikasikan dalam pengelolaan keuangan sejak dari perencanaan anggaran hingga pelaporannya.

 

Pelatihan diselenggarakan pada tanggal 3 September 2010 di Ruang Rapat Besar Pusat Kajian dan Pembangunan Masyarakat (PKPM) pukul 09.00-13.00 WIB. Dalam pelatihan tersebut menghadirkan dua fasilitator yaitu Andy susilo, SE., M.Com dan Widhi Nugroho,SE.

 

Topik yang diangkat oleh dua pembicara mengenai:

(1) Penghitungan institusional fee bagi proyek penelitian dan penentuan maintenance cost bagi unit. Pokok bahasan ini diuraikan dengan Konsep biaya pada proyek yang meliputi: pemodelan biaya, penerapan sederhana dalam rumus dan aplikasi dalam proyek.

 

(2) Penyusunan anggaran dan pelaporan keuangan proyek penelitian. Pokok bahasan ini diuraikan sejak penyusunan anggaran (fungsi, syarat, prosedur, sistematika) sampai laporan keuangan akhir (kebijakan akuntansi, prinsip pengeluaran, kebijakan pengeluaran uang, langkah-langkah proses pelaporan).

 

Pelatihan dihadiri oleh 27 peserta yang berasal dari unsur Wadek II, Koordinator Penelitian, dan staf keuangan di Pusat dan Fakultas.

Pelatihan Keuangan 2
Makna pelatihan ini semakin penting mengingat unit-unit di bawah koordinasi LPPM, selain mengelola keuangan yang bersumber dari universitas juga mengelola keuangan yang berasal dari funding (lembaga donor) dari luar sehingga pemahaman tentang keuangan proyek sangat dibutuhkan.



***