Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Kursus Pendek tentang Hak Kekayaan Intelektual
Kursus Pendek

tentang Hak Kekayaan Intelektual

Komisi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unika Atma Jaya menyelenggarakan 2 Days IP Short Course batch 2 dengan tema “Intellectual Property: Theoretical and Practical Perspective in Business Competition”. Acara kursus pendek atau pelatihan ini dilaksanakan pada hari Senin-Selasa tanggal 26-27 April tahun 2010 bertempat di Gedung Yustinus Lantai 14 Unika Atma Jaya.

 

Peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 20 orang, terdiri dari 9 orang peserta  internal Atma Jaya, dan selebihnya berasal dari luar Atma Jaya. Peserta dari luar Atma Jaya memiliki latar belakang bidang kerja sebagai Pengajar (Dosen: USahid, Unkris, UPH dan, UI), sebagai Lawyer atau dari kantor hukum.
Pelatihan ini dibuka oleh Ketua LPPM Unika Atma Jaya, Bapak Dr. A. Prasetyantoko dan dilanjutkan dengan Keynote Speech oleh Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Pelatihan ini sekaligus memberi “makna lebih” tentang Hak Kekayaan Intelektual karena bertepatan dengan Hari HKI sedunia.
Di dalam pelatihan ini disampaikan 7 materi meliputi:

1. Pemahaman Dasar dan Urgensi HKI dalam Perspektif Hukum Bisnis yang disampaikan oleh Prof. Dr. Agus Sardjono, S.H., M.H. (Guru Besar FH UI)

2. Urgensi Perlindungan Merek dan Prospeknya di Indonesia, disampaikan Oleh Justisiari Perdana Kusumah, S.H., LLM (Ketua Asosiasi Konsultan HKI)

3. Penegakan HKI di Indonesia: Perspektif Kepolisian yang rencananya akan disampaikan oleh Kombes Drs. Toni Harmanto, M.H. (Bareskrim POLRI) digantikan oleh Bapak Yayan Sofyan, SH dari Bareskrim. Pada saat mempresentasikan materinya, Pak Yayan berdua dengan Bapak Drs. Tatok Sudjiarto, SH, MTL sebagai Criminal Investigation Board Bareskrim.


4.
Prospek Pengembangan Paten di Indonesia yang disampaikan oleh  Ir. Arif Syamsudin, S.H.,M.Si. (Kepala Divisi Pengembangan TI Ditjen HKI)


5.
Legal Drafting Terkait Pengajuan Keberatan, Sanggahan, dan Gugatan dalam Sengketa HKI yang disampaikan Oleh: Gunawan Suryomurcito, S.H. (Advokat dan Konsultan HKI)

6. Pemahaman HKI dalam Perspektif Hukum Persaingan Usaha yang disampaikan Oleh: Prof. Tresna P. Soemardi (Ketua Komisi Pengawasan Persaingan Usaha)

7.   Aspek Teknis Pendaftaran HKI (Cipta, Paten, Merek, Desain Industri) yang disampaikan Oleh: Ryan Hartono, S.H. (Konsultan HKI)

 

Pada hari ke dua, waktu mulai pelatihan rencananya akan diajukan menjadi pukul 08.00 dan sudah diumumkan kepada semua peserta tetapi ternyata dalam pelaksanaannya tidak bisa terlaksana  dan kembali ke rencana semula karena salah satu pembicara terlambat datang. Selama rangkaian pelatihan ini moderator dilakukan oleh Ibu Venantia Hadiarianti dan Bapak Agustinus Prajaka Wahyu Baskara.
Short Course intellectual Property pada Bach ke-2 dengan tema Intellectual Property: Theoretical and Practical Perspective in Business Competition”  dengan materi yang disusun secara komprehensif ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang menyeluruh kepada para peserta mengenai Hak Kekayaan Intelektual, yang pada aras berikutnya dapat memacu apresiasi dan inovasi atas Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

 

***