Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Survey Kepuasan Mahasiswa terhadap Fasilitas Layanan Non Akademik (T.A. 2018/2019)

 

Survey kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas layanan non akademik dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu UAJ pada periode antara  bulan April tahun 2019, dengan tujuan:

    • 1.       memastikan terpenuhinya harapan para mahasiswa
    • 2.       memantau konsistensi kualitas layanan
    • 3.       mengetahui hal-hal yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan.

Data diolah berdasarkan 3.675 sampel atau 42% dari total Mahasiswa Aktif di tahun 2019 (semester genap tahun akademik 2018/2019) . Pada tahun  ini terdapat tambahan 3 kelompok layanan non akademik baru yang diukur , yaitu: Kantin, MyAtma, dan Wifi, disamping itu  juga terdapat perubahan item pernyataan terkait Administrasi Perkuliahan untuk menyesuaikan dengan sistem akademik baru yang berjalan.

Kriteria kepuasan diukur dengan menggunakan skor yang berada pada rentang 0 – 5, dengan semakin tinggi skor menunjukkan semakin tinggi tingkat kepuasan, dengan standar minimal yang ingin dicapai sebesar > 3.

 

Dari gambaran Grafik Pie di atas,  Komposisi responden  tersebar ke 8 Fakultas yang terdiri dari berbagai jenjang yaitu Sarjana, Profesi, Magister dan Doktor.

 

 

 

Berdasarkan paparan diagram di atas, kuesioner kepuasan mahasiswa terhadap layanan non akademik pada tahun 2019 ini terbagi menjadi 11 kelompok. Tabel di bawah ini menunjukkan  tiga kelompok  tingkat kepuasan yang tertinggi  dan terendah

 

TINGKAT KEPUASAN TERTINGGI

TINGKAT KEPUASAN TERENDAH

Administrasi  perkuliahan

: 3.93

WIfi

3.05

Proses Pendaftaran

: 3,82

Myatma

3.20

Administrasi Ujian

: 3,74

Gedung dan Halaman

3.46

 

 

 

 

Secara keseluruhan, pada tahun 2019 tingkat kepuasan mahasiswa terhadap  fasilitan layanan non akademik mengalami peningkatan jika dibanding kondisi serupa pada tahun 2018.

Namun masih ditemukan adanya beberapa tingkat kepuasan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kondisi pada  tahun 2017yaitu pada kelompok Administrasi Ujian,  serta Gedung dan Halaman. Dalam 2 tahun terakhir ini, Unika Atma Jaya mulai mengoperasikan kampus baru di BSD dan sedang melakukan penataan kembali terhadap penggunaan gedung dan halaman, khususnya di kampus Semanggi dan Pluit, sehingga dapat memunculkan kekurangnyamanan proses layanan yang terkait perubahan tersebut. Ketidaknyamanan tersebut sangat dirasakan pada tahun 2018 dan sudah mengalami peningkatan di tahun 2019 walaupun masih menyisakan beberapa aspek yang perlu dikendalikan agar dapat tingkat kepuasan dapat melebihi kondisi pada tahun 2017 yang lalu.

 

Dari hasil sebaran kuesioner di atas, tiga hal yang paling mendapat komentar negatif secara berturut (dari yang tertinggi) adalah:

1.       Wifi; 31,5% responden; terkait peningkatan aksesbilitas dan konektifitas

2.       Kantin; 26,1% responden; terkait peningkatan kenyamanan, variasi makanan, akses menuju kantin, serta peningkatan kelengkapan fasilitasnya.

3.       Toilet; 10,6% responden; terkait peningkatan kebersihan (termasuk aroma yang sedap), kelengkapan fasilitas, dan peremajaan.

 

Paparan di atas sudah disampaikan dalam Rapat Tinjauan Manajemen di Ruang Rapat Rektorat pada Kamis, 20 Juni 2019 dan telah direkomendasikan tindak lanjut di bawah koordinasi Rektor/ Warek terkait


 

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30  
bottom