Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
"Kolaborasi Unika Atma Jaya dalam Upaya Perlindungan Anak dan Perempuan"



Bertepatan dengan Hari Anak dan Perempuan Internasional, pada hari Senin, 11 Oktober 2021 telah dilaksanakan Webinar Sosialisasi dan Pembukaan Pos Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) UNIKA Atma Jaya. Webinar dilaksanakan mulai pukul 13:00 sampai 16:00 WIB. Mengingat belum memungkinkan terlaksananya kegiatan secara offline, webinar dilaksanakan secara daring melalui Zoom serta disiarkan secara langsung melalui Youtube. Tema yang diangkat dalam webinar ini adalah “Kolaborasi Unika Atma Jaya dalam Upaya Perlindungan Anak dan Perempuan”. Tujuan dari webinar adalah peresmian Pos SAPA di UNIKA Atma Jaya sebagai salah satu bentuk realisasi upaya Pemprov DKI dan UNIKA Atma Jaya dalam membantu menangani permasalahan kekerasan perempuan dan anak pada masyarakat di sekitar kampus.

Acara webinar diawali dengan menyanyikan lagu dan menonton video dukungan terhadap Pos SAPA Unika Atma Jaya, yang disampaikan oleh Desy Ratnasari, M.Si, M.Psi, Psikolog (Anggota DPR-RI), Dr.iur. Asmin Fransiska, S.H., LL.M (Dekan FH), Dr. Theresia Indira Shanti, M.Si, Psikolog, Psikoterapis (Dekan FP), Dr. Luciana, M.Ed. (Dekan FPB). Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Rektor Unika Atma Jaya Dr. Agustinus Prasetyantoko dan Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta Ir. Tuty Kusumawati. Dengan demikian, acara webinar resmi dibuka.

   

Setelah peresmian, webinar dilanjutkan dengan diskusi interaktif dan penyampaian topik oleh tiga narasumber yang memaparkan secara mendalam terkait kekerasan perempuan dan anak. Pertama, adalah “Aspek Hukum dan Urgensi Perlindungan Korban pada Kasus Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan” yang disampaikan oleh Dr. iur.Antonius PS Wiowo (Wakil Ketua LPSK). Topik kedua disampaikan oleh Dra. Justina Rostiawati, M.Hum (Ketua Presidium DPP Wanita Katolik RI) dengan tajuk “Kasus Terkini Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan serta Peran Perguruan Tinggi dalam Upaya Pencegahan dan Penanganannya”. Narasumber ketiga adalah Dr. Weny Savitry S Pandia, M.Si, Psikolog selaku ketua Pos SAPA yang membahas “Sosialisasi Pos SAPA Unika Atma Jaya”.

Pelaksanaan webinar disambut dengan hangat dan antusias oleh 169 peserta. Melalui peresmian Pos SAPA UNIKA Atma Jaya diharapkan dapat menjadi sebuah langkah awal upaya pencegahan kekerasan perempuan dan anak. Salah satunya dengan melibatkan seluruh anggota UNIKA Atma Jaya mulai dari dosen, mahasiswa, sampai pemerhati masalah anak dan perempuan untuk bersama-sama lebih sadar, melindungi, serta peka terhadap permasalahan kekerasan pada perempuan dan anak di sekitar kampus. Pos SAPA UAJ hadir untuk melindungi dan siap menaungi setiap korban, maka don’t be afraid to report abuse, you are safe here.


Link youtube; https://youtu.be/uAAwb3H63wM


Berita terkait;

https://www.liputan6.com/citizen6/read/4682919/lawan-aksi-kekerasan-anak-dan-perempuan-unika-atma-jaya-dan-dinas-ppapp-dki-jakarta-luncurkan-pos-sapa

https://www.sesawi.net/lindungi-perempuan-dan-anak-unika-atma-jaya-bentuk-pos-sapa/
 
https://m.atmajaya.ac.id/web/Konten.aspx?gid=highlight&cid=pos-sapa-unika-atma-jaya


( Pusat Pemberdayaan Masyarakat / PPM - Penulis: Jesslyn Belinda Mahasiswa FP UAJ )

Kalender
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31
bottom