Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Diskusi Ilmiah Tentang "Research and Community Services in Catholic University"

Pusat Kajian Pembangunan Masyarakat Universitas Katolik Indonesia ATMA JAYA Mengadakan: Diskusi Ilmiah Tentang “ Research and Community Services in Catholic University” Rabu, 26 Mei 2010 Pukul 12.00 – 15.00 WIB Ruang Pertemuan PKPM Gedung K-II Lantai 3 Pembicara: Dr. Anthony Cernera (President of The International Federation of Catholic Universities)

Berikut adalah beberapa butir penting yang dapat dipelajari dari Dikusi Ilmiah tentang "Research & Community Services in Catholic Universities" bersama Dr. Anthony Cernera:

  1. Penting untuk selalu merefleksikan kembali bersama mahasiswa dan team pelaksana kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat mengenai hal-hal yang telah dilakukan dari kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Beberapa pertanyaan yang dapat dijadikan acuan dalam refleksi: "Apa yang sudah dilakukan dari kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat? Apakah kegiatan yang dilakukan sungguh-sungguh memberi manfaat pada kebanyakan orang pada umumnya? Apakah kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan sungguh-sungguh untuk meningkatkan harkat manusia?" Contoh: ketika mahasiswa melakukan Bakti Sosial di sebuah kampung di pinggiran kota Jakarta. Apakah para dosen juga memberi waktu untuk merefleksikan bersama para mahasiswa mengenai "apakah kegiatan BakSos yang dilakukan bermanfaat bagi orang-orang di kampung tersebut? Siapa sesungguhnya yang paling memperoleh manfaat dari kegiatan BakSos tsb? mahasiswakah? dosenkah? atau orang-orang kampung?
  2. Dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat komponen etika menjadi sangat penting. Oleh karena itu, dalam membentuk tim untuk kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat sudah seharusnya juga melibatkan orang yang memahami etika. Demikian Ibu/Bapak, oleh-oleh kecil dari Diskusi Ilmiah yang dilaksanakan di PKPM. Mungkin teman-teman yang hadir bisa menambahkan bila ada hal penting lain yang perlu diketahui oleh teman2 lain yang tidak hadir. Kedua butir di atas saya pandang penting karena tidak (atau mungkin sedikit sekali) dilakukan.
Kalender
S S R K J S M
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  
bottom