Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
"HANGATNYA KEKELUARGAAN DALAM KESEDERHANAAN" DABIN SM-FKIKUAJ

 

 

"HANGATNYA KEKELUARGAAN DALAM KESEDERHANAAN"

DABIN SM-FKIKUAJ adalah salah satu Unit Pengembangan Minat Mahasiswa (UPMM) di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya. Awal berdirinya UPMM ini dilatarbelakangi oleh adanya proyek fakultas kedokteran untuk mengembangkan suatu daerah mitra yang diawali dengan Program Keluarga Sehat (PKS) bekerjasama dengan Koalisi untuk Indonesia Sehat (KuIS) di RW 06 Kelurahan Karet Semanggi (di belakang kampus Unika Atma Jaya) oleh drg. Liling Pudjilestari. Sejak awal, kegiatan ini telah didesain untuk mahasiswa agar dapat terjun ke masyarakat sedini mungkin. Kegiatan yang diadakan merupakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya dengan melibatkan para mahasiswa. Seiring berjalannya waktu, SM-FKIKUAJ mengadopsi kegiatan ini sebagai salah satu Unit Pengembangan Minat Mahasiswa, yaitu DABIN SM-FKIKUAJ yang merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya dalam bidang pengabdian masyarakat. 

DABIN SM-FKIKUAJ dan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) SM-FKIKUAJ yang mengusung tema Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS FKIKUAJ) pernah bekerja sama dengan Coca Cola Foundation Indonesia (2010 – 2011) dalam program Water For Schools (WFS). Program WFS ini mempunyai tujuan secara umum meningkatkan akses masyarakat sekolah terhadap air bersih melalui penerapan teknologi Rain Water Harvesting (RWH), serta meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat sekolah dengan menyediakan fasilitas Hand Washing Station (HWS) dan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 


Tahun ini, DABIN mengadopsi tema mengenai penyakit-penyakit yang dikategorikan urgensi oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia guna meningkatkan awareness terhadap penyakit-penyakit tersebut. Dengan pembinaan dokter-dokter Atma Jaya yang sudah ahli dalam Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM), kami turun ke daerah Cilincing untuk melaksanakan kegiatan Together Towards Tomorrow (3T). Sembari tetap menyuluhkan tentang PHBS ke masyarakat sebagai tindakan untuk mencegah terjadinya penyakit, penyebarannya, dan perburukkan penyakitnya. Selain itu, masih banyak lagi kegiatan kami yang tentunya akan menambah ilmu dan pengalaman kalian, serta membantu lebih banyak masyarakat.

DABIN memiliki 3 divisi, yaitu :

  1. DABIN DEVELOPMENT
    Merupakan divisi yang akan membuat ide-ide menarik mengenai materi yang akan disampaikan ketika acara penyuluhan yang kelak diadakan oleh DABIN agar peserta dapat lebih mudah mengerti dan mengingat materi yang sedang dibawakan.

  2. DABIN CARE
    Merupakan divisi pelaksana, mahasiswa di divisi ini lebih mengedepankan aksi ke masyarakat serta akan merangkum dan membuat materi untuk acara penyuluhan yang kelak diadakan oleh DABIN. Selain itu, divisi ini juga akan mencari materi, kemudian meminta bantuan dosen atau orang yang ahli dibidangnya untuk memeriksa kesahihan dan kebenaran materi, lalu dirangkum sesuai dengan usia yang akan disuluh.

  3. DABIN PORTRAIT
    Divisi ini berperan untuk mempublikasikan acara-acara internal dan eksternal DABIN SM-FKIKUAJ, mendokumentasikan kegiatan, serta membuat design poster untuk penyuluhan apabila DABIN Development dan DABIN Care meminta bantuan. 

 

Sumber : http://www.smfkuaj.com/dabin.html
Instagram : @dabin_fkikuaj

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
bottom