Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Pojok Inspirasi: Student Exchange di Negeri Gingseng

Halo semua! Kali ini, kami akan membahas pengalaman kami selama mengikuti program student exchange di Soonchunhyang Institute of Medi-bio Science (SIMS) yang berlokasi di kota Cheonan, Korea Selatan. Di institusi ini, kami mempelajari banyak hal yang belum pernah dipraktekkan langsung selama perkuliahan, seperti kultur sel kanker, Western Blot, dan immunostaining. Tak hanya itu, kami juga merasakan betapa cepatnya laju penelitian di negara ini, bahkan laboratorium di sana buka 24 jam setiap hari loh, termasuk pada hari libur. Jadi sangat mungkin kalau kalian akan begadang melakukan penelitian. Selain itu, semua bahan dari reagen sampai enzim dan primer dapat dengan mudah dipesan untuk mengakomodasi berbagai penelitian. Kalian pun dapat memilih dosen pembimbing beserta topik yang kalian minati, mengingat dosen-dosen di sana sangat ahli pada bidang masing-masing. Pastikan pilih dosen yang bidangnya kalian suka ya agar proses pembelajarannya nanti tidak terlalu sulit. Jika kalian bermimpi untuk terjun ke dunia biomedis dan tertarik untuk mempelajari teknik dan ilmu baru, boleh banget untuk mengikuti program ini.

Tidak hanya secara ilmu saja, kami juga sekaligus melatih diri untuk mandiri selama program ini. Kemandirian dalam mengatur pengeluaran serta manajemen stress kami secara tidak langsung diuji. Selain itu, kemampuan kami untuk beradaptasi, baik dengan laju penelitian di sana maupun dengan kultur di Korea Selatan, juga dilatih. Selama di Korea Selatan, kami mencoba berbagai makanan Korea dan kebetulan kami semua cocok dengan cita rasanya. Ditambah lagi dengan convenience store yang buka 24 jam, tidak perlu repot kalau tiba-tiba lapar tengah malam. Sayangnya karena pandemi, kami tidak bisa mengeksplor banyak tempat di Korea Selatan, tapi kami tetap bisa berjalan dan mengeksplorasi tempat di sekitar kampus, dihitung-hitung sekaligus berolah raga. Saran dari kami, jika kalian ingin mengikuti program ini, or any other program for that matter, akan lebih baik jika kalian mendaftar dengan mindset bahwa kalian akan belajar selama program ini berlangsung, bukan mendaftar karena ingin jalan-jalan ke negara lain saja. Selain itu, do expect the unexpected supaya kalian tidak terlalu kaget dengan apapun yang terjadi di sana. Semangat dan semoga artikel ini menginspirasi kalian!

Nah, seru kan pengalaman Vania (mahasiswa prodi Bioteknologi angkatan 2016) yang sedang mengikuti program student exchange? Selain mendapatkan keterampilan di laboratorium dan ilmu, kalian juga berkesempatan membuka wawasan dan mengasah keterampilan sosial dengan tinggal di negeri seberang. Dapatkan kesempatan ini dengan berkuliah di Fakultas Teknobiologi. Untuk pendaftaran silakan mengunjungi laman admisi pada tautan ini. Dapatkan pula info seputar Fakultas Teknobiologi dari laman web kami.

Vania Benedicta (kanan) dengan dua mahasiswa Fakultas Teknobiologi lainnya di sela-sela kegiatan internship berwisata di Korea Selatan

 

(VB & LUK)

Kalender
S S R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  
bottom