Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Mahasiswa M.Psi. Berikan Pelatihan Manajemen Kecemasan Kepada Siswa SMA

Mahasiswa M.Psi. Berikan Pelatihan Manajemen Kecemasan

Kepada Siswa SMA

 

Jakarta, 9 April 2015

 

Ujian Nasional merupakan kegiatan yang kerap menimbulkan kecemasan baik pada orangtua, siswa, maupun pihak sekolah. Sekalipun Ujian Nasional 2015 sudah dinyatakan tidak lagi sebagai satu-satunya penentu kelulusan di tingkat nasional, namun demikian kenyataannya masih banyak yang merasakan kecemasan akan ujian nasional.

Kecemasan yang dirasakan oleh para siswa berhubungan dengan situasi yang terjadi menjelang kondisi pelaksanaan Ujian Nasional di mana siswa harus menjalani tryout yang cukup intensif selama berbulan-bulan tanpa kejelasan seberapa baik hasil tryout inimemprediksikan keberhasilan mereka di Ujian Nasional.

Berangkat dari situasi di atas, Fatiyani Pramesti, S.Psi dan Dwi Cahyani Setiawan, S.Psi dari bidang kekhususan Psikologi Pendidikan Anak dan Remaja, mencoba memberikan pelatihan manajemen kecemasan kepada siswa kelas XII SMA Kemurnian 2, Jakarta Barat. Pelatihan ini diikuti oleh 90 siswa dari jurusan IPA dan IPS. Melalui diskusi dan permainan yang menyenangkan, para peserta diajak untuk menemukan sumber-sumber kecemasan dan melakukan tindakan yang tepat untuk mengatasi kecemasan tersebut.

Pelatihan ini merupakan bagian dari praktik kerja profesi di bidang psikologi pendidikan yang menuntut para mahasiswa untuk menangani permasalahan dalam kelompok. Melalui diskusi dengan siswa, wawancara dengan para guru dan kepala sekolah, mahasiswa menyusun suatu kegiatan bersama yang diharapkan membantu permasalahan di dalam kelompok sasaran.

Pelatihan yang berlangsung selama 3 jam ini direspons dengan sangat baik oleh para peserta. Mereka terlihat semangat dalam mengikuti kegiatan maupun diskusi.

 

 

 

Kalender
S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29    
bottom