Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Bakti Sosial Magister Psikologi Profesi di Desa Mekarwangi

Bakti Sosial Magister Psikologi Profesi di Desa Mekarwangi

 

 

 

 

 

 

 

Sepuluh tahun sudah Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya berkomitmen untuk mendidik para calon psikolog yang bergelar Magister. 15 September 2005 merupakan awal dari karya program studi Magister Psikologi Profesi mendidik calon-calon psikolog yang memiliki kemampuan profesional dan kepekaan sosial.

 

Mensyukuri karya selama 10 tahun ini, prodi Magister Psikologi Profesi berbagi ilmu dan membantu masyarakat dalam kegiatan bakti sosial di Desa Mekarwangi, Kecamatan Cisauk pada 17-18 April lalu. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Lustrum ke-2 prodi M.Psi yang dibantu juga oleh Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Unika Atma Jaya dan sejumlah mahasiswa prodi Magister Sains yang berlatar belakang sebagai dokter maupun perawat.

 

Para pengelola, dosen, alumni, dan mahasiswa prodi Magister Psikologi Profesi membagikan ilmu sesuai dengan bidang peminatannya masing-masing, yaitu: pengukuran tinggi dan berat badan bagi lansia oleh peminatan psikologi Klinis; sarasehan bagi aparat Desa Mekarwangi untuk peminatan psikologi industri dan organisasi; serta penanaman kecintaan membaca dan perilaku hidup bersih sehat bagi siswa SDN Mekarwangi yang dilakukan oleh peminatan psikologi pendidikan. Kegiatan-kegiatan di atas sungguh merupakan pencerminan semangat yang diusung dalam Lustrum ke-2 M.Psi: “Hadir untuk Melayani.”

 

Selain kegiatan-kegiatan di atas, prodi M.Psi juga memberikan berupa: papan whiteboard untuk sekolah dan kantor desa, alat tulis, alat kantor, sejumlah besar buku cerita untuk koleksi perpustakaan, alat timbangan, serta pengukur tensi digital untuk digunakan dalam kegiatan pengukuran tinggi dan berat badan bagi lansia.

 

 Sarasehan Aparat Desa

 

Bincang-bincang dengan aparat desa dilakukan pada Jumat 17 April 2015 pukul 9.30-11.30. Diawali dengan kegiatan dinamika kelompok singkat untuk mencairkan suasana, bincang-bincang berjalan dalam suasana rileks dan nyaman. Di tengah-tengah sarasehan, hujan deras mulai turun sehingga lokasi sarasehan yang tadinya di serambi Kantor Desa harus berpindah ke dalam Kantor Desa. Dari hasil bincang-bincang ini diperolah gambaran kehidupan keseharian masyarakat desa dan  program lanjutan untuk peningkatan kualitas kinerja aparat desa yang dibutuhkan, baik berupa pelatihan ketrampilan (seperti ketrampilan computer, pengarsipan), maupun pelatihan motivasi dan etos kerja.

 

           

 

 

 

 

Pemeriksaan Kesehatan bagi para Lansia

 

Mahasiswa peminatan Klinis Dewasa dari angkatan 2013 dan 2014 bersama dengan alumni MPsi Klinis Dewasa dibantu mahasiswa Magister Psikologi (MSi) bidang peminatan social kesehatan beserta tim dosen Klinis Dewasa melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi para lansia di Desa Mekarwangi, kecamatan Cisauk Serpong. Pemeriksaan kesehatan ini semula akan mencakup pemeriksaan fisik maupun mental/kognisi, namun melihat kondisi di lapangan maka pemeriksaan kesehatan mental tidak dimungkinkan untuk dilakukan secara bersamaan, sehingga pada akhirnya kegiatan ini difokuskan pada pemeriksaan fisik bagi para Lansia. Pemeriksaan kesehatan secara fisik ini meliputi: pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar pinggang, lingkar hip dan tekanan darah serta detak jantung. Kegiatan ini dihadiri oleh 33 Lansia (5 laki-laki dan 28 perempuan) dan berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Para lansia ini terlihat bersemangat selama kegiatan berlangsung. Bahkan salah seorang lansia yang mendapat kunjungan khusus karena keterbatasan dalam bergerak merasa sangat terharu memperoleh perhatian yang tidak terduga dari para mahasiswa melalui kegiatan ini. Hal ini sungguh merupakan perwujudan nyata dalam melayani masyarakat dari program MPsi UAJ.   

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Membaca Bersama dan Penanaman Kebiasaan Hidup Bersih Sehat bagi Siswa SDN Mekarwangi

 

Mahasiswa peminatan pendidikan dan dibantu mahasiswa peminatan psikologi industri dan organisasi di prodi M.Psi. melakukan kegiatan bersama dengan siswa di SDN Mekarwangi, kecamatan Cisauk. SD yang baru berdiri selama 4 tahun ini memiliki total 206 siswa yang merupakan penduduk setempat. Aktivitas yang berlangsung selama 2 jam ini diikuti dengan penuh semangat oleh para peserta. Mereka tampak menikmati kegiatan bersama dengan para mahasiswa. Sungguh ini merupakan wujud kehadiran M.Psi. dalam melayani masyarakat. Semoga semakin banyak manfaat keberadaan M.Psi bagi masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

Kalender
S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29    
bottom