Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Membuka Wawasan dengan Pertukaran Pelajar

Pada 24 Maret 2021, Kantor Urusan Internasional bersama Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya mengadakan webinar “A Chance to Expand Your Horizon: Info Session 2021 Exchange Program for Faculty of Psychology”. Webinar ini diadakan untuk mensosialisasikan pertukaran pelajar khususnya untuk mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (FPUAJ). Webinar ini dihadiri oleh Rocky, M.Psi., Psikolog (Ketua Program Studi S1 Psikologi UNIKA Atma Jaya), Ignatius Reyner (International Office UNIKA Atma Jaya), dan Josephine Chandra (Mahasiswa FPUAJ) yang akan membagikan pengalamannya dalam pertukaran pelajar.

 

Acara dibuka dengan kata sambutan oleh Rocky, M.Psi., Psikolog, lalu dilanjutkan dengan penjelasan mengenai program pertukaran pelajar oleh Ignatius Reyner. Beliau menjelaskan bahwa terdapat dua tipe program pertukaran pelajar yang ditawarkan oleh Kantor Internasional UNIKA Atma Jaya, yaitu program musim panas atau musim dingin (Summer/Winter Program) dan program semester reguler. Program musim panas dan musim dingin (Summer/Winter Program) menawarkan pertukaran pelajar di bulan Juni sampai Agustus atau Desember sampai Februari. Sementara itu, program semester reguler menawarkan pertukaran pelajar di bulan Agustus hingga Desember atau Januari hingga Mei. Negara-negara yang membuka pendaftaran pertukaran pelajar mahasiswa Psikologi saat ini adalah Spanyol dan Korea.

 

Pertukaran pelajar yang diadakan oleh Kantor Internasional UNIKA Atma Jaya memiliki banyak sekali manfaat, yaitu untuk pertukaran budaya, memperluas networking, melatih kemampuan berbahasa inggris, menambah pengalaman dan juga sightseeing. Perbedaan antara kedua program ini terletak pada rentang waktu pelaksanaan. Program semester reguler membutuhkan waktu satu semester penuh, sementara program musim panas atau musim dingin membutuhkan waktu lebih singkat, yaitu satu semester antara saja. Program ini juga menyediakan layanan transfer kredit, sehingga hasil yang didapatkan di universitas mitra dapat ditransfer ke UNIKA Atma Jaya. Mekanisme transfer kredit dapat dimulai setelah konsultasi dengan Kepala Program Studi Sarjana Fakultas Psikologi. 

 

Mengenai biaya pertukaran pelajar, Kantor Internasional UNIKA Atma Jaya akan menanggung biaya kuliah di universitas mitra, SKS, dan biaya kuliah pokok di UNIKA Atma Jaya. Untuk biaya yang tidak ditanggung seperti biaya tiket pesawat, asrama, iuran kegiatan, dan pendaftaran semester di UNIKA Atma Jaya ditanggung oleh mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar. Kantor Internasional UNIKA Atma Jaya juga memiliki program beasiswa pertukaran pelajar yang dapat diikuti.

 

Tidak hanya pertukaran pelajar, Kantor Internasional UNIKA Atma Jaya juga memiliki program lain. Program-program tersebut adalah program magang internasional untuk mahasiswa yang tertarik bekerja di luar negeri, program budaya (kelas bahasa asing), dan student buddy. Student Buddy adalah pemandu teman-teman dari negara asing yang mengunjungi UNIKA Atma Jaya untuk pertukaran pelajar.

 

Setelah penjelasan mengenai pertukaran pelajar oleh Ignatius Reyner, dilaksanakan sesi sharing oleh Alumni FPUAJ yang mengikuti pertukaran pelajar yaitu Josephine Chandra (angkatan 2017). Josephine mengikuti pertukaran pelajar di Regensburg, Jerman. Di sana, ia menceritakan pengalamannya sebagai mahasiswi pertukaran dan suka duka yang dialami sebagai mahasiswi pertukaran. Ia juga memberikan sebuah saran untuk mahasiswa yang tertarik dalam mengikuti pertukaran pelajar, yaitu berani mencoba semua hal yang ditawarkan.

 

Bagi mahasiswa FPUAJ yang memiliki pertanyaan seputar pertukaran pelajar, program yang ditawarkan oleh Kantor Internasional UNIKA Atma Jaya, atau berminat mengikuti pertukaran pelajar, bisa langsung menghubungi Kantor Internasional UNIKA Atma Jaya via e-mail international@atmajaya.ac.id atau Instagram @atmajayaintl. Untuk pendaftaran pertukaran pelajar tahun 2021 sudah dibuka dari tanggal 25 Februari 2021 yang lalu dan berakhir di tanggal 28 Maret 2021.

 

Penulis : Yustisia Krisnawulandari (2020)

 

 
Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
bottom