Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Webinar: Bedah Buku Bersama PSYGHT Vol. 1

Pada 6 Desember 2020, PSYGHT mengadakan acara bedah buku volume pertama dengan dua judul buku yang berbeda. Buku-buku tersebut merupakan karya alumni Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya (FPUAJ). Buku pertama berjudul “Surviving COVID-19: Tetap Waras di Tengah Pandemi” ditulis oleh dua alumni FPUAJ, yaitu Donna Widjajanto, S. Psi. dan Amanda Margia Wiranata, S. Psi., M.Si., Psikolog. Buku kedua berjudul “Tumbuh Bagai Ilalang: Perjalanan Transformatif dalam Diskriminasi dan Kekerasan” yang ditulis oleh Kevin Suhardjo, S.Psi. Selama kurang lebih dua jam, kedua buku ini dikupas tuntas mulai dari latar belakang penulisannya hingga harapan penulis.

 

Buku “Surviving COVID-19: Tetap Waras di Tengah Pandemi” membahas tentang masalah psikologis yang muncul sejak pandemi COVID-19, seperti stress dan gangguan kecemasan yang disertai tips dalam menghadapi masalah-masalah tersebut. Penulis sendiri melihat peluang untuk menulis buku ini karena orang-orang sekitar yang mengeluhkan masalah tersebut selama pandemi. Kedua penulis berharap buku ini dapat memberi informasi terhadap pembaca dan memberi semangat dalam menghadapi situasi pandemi. Selain itu, terdapat pesan yang disampaikan oleh kedua penulis, terutama bagi mahasiswa, bahwa self-care dan mengenal diri sendiri adalah hal yang penting.

 

Buku kedua “Tumbuh Bagai Ilalang: Perjalanan Transformatif dalam Diskriminasi dan Kekerasan” membahas tentang pengalaman lingkungan pekerja seks gay dan waria di Jakarta. Buku ini juga menceritakan pengalaman hidup mereka sejak kecil hingga dewasa yang umumnya diwarnai kekerasan dan apa yang menjadi alasan mereka merubah diri. Adanya dorongan dari dosen pembimbing skripsi saat itu, membuat penulis mengangkat topik ini menjadi sebuah buku. Penulis memiliki keinginan untuk merubah stigma negatif masyarakat luas terhadap komunitas LGBT.

 

Penulis: Mei Faalih Tan (201907510053)

 
Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
bottom