Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
SEMICOLON:Kenali dan Cegah Bunuh Diri!

Kenali dan Cegah Bunuh Diri!

 

 

Senin, 14 Oktober 2019, komunitas WELCOME dari Fakultas Psikologi UNIKA Atma Jaya menyelenggarakan sebuah seminar yang mengangkat tema suicide preventionSEMICOLON: It’s Not the End of My Journey” untuk memperingati Hari Kesehatan Mental 2019. Acara seminar dimulai pada pukul 10.00-15.00 di aula Y14 UNIKA Atma Jaya Semanggi. Pada seminar ini, terdapat tiga pembicara yaitu Benny Prawira, M. Psi selaku Suicidolog dan founder komunitas Into the Light, Louisa Syaura Amalia selaku penyintas dan anggota komunitas Into the Light, dan Ade Binarko selaku penyintas dan founder sehatmental.id.

Seminar SEMICOLON terbagi menjadi empat sesi. Sesi pertama dibawakan oleh Benny Prawira yang menjelaskan tentang fakta bunuh diri, tanda-tanda seseorang memiliki pikiran bunuh diri, dan pertolongan apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah seseorang agar tidak jadi bunuh diri. Sesi kedua dibawakan oleh Louisa Syaura Amalia yang menceritakan perjalanan hidupnya dimana dahulu ia pernah memiliki pikiran untuk bunuh diri bahkan sudah melakukan tiga kali percobaan bunuh diri tetapi akhirnya bisa bangkit kembali semangat untuk menjalani kehidupannya. Sesi ketiga dibawakan oleh Ade Binarko yang juga menceritakan perjalanan hidupnya dimana beliau pernah mengalami sakit mental sejak tahun 2004 akibat dari bullying yang dialaminya karena ia memiliki badan yang sangat kurus dan sekarang ia sudah sembuh tetapi masih rutin check-up ke psikolog. Lalu, sesi terakhir merupakan sesi tanya jawab peserta seminar dengan para pembicara.

Usai seminar, kami mencoba bertanya kepada beberapa peserta seminar mengenai tanggapan mereka mengenai seminar SEMICOLON ini. Peserta seminar menyatakan bahwa topik dari seminar ini menarik untuk dibahas dan semua informasi yang telah dibagikan oleh pembicara sangat berguna bagi para peserta ketika suatu hari nanti akan menghadapi seseorang yang memiliki tanda-tanda ingin bunuh diri. Seminar ini juga dikemas dengan formal dan rapi sehingga setiap peserta benar-benar bisa menyerap setiap informasi yang diberikan.

 

Penulis: Gyshella Amanda & Laurensia Irena (2018)

 

 

Editor: Jeffry Santosa Salim (2017)

 
Kalender
S S R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31
bottom