Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
PSYVOLUTION 2019 : Psychology as the Center of Health (P.A.T.C.H)

Untuk pertama kalinya, Fakultas Psikologi UNIKA Atma Jaya (FPUAJ) melalui Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) UNIKA Atma Jaya menyelenggarakan lomba cerdas cermat dengan nama PSYVOLUTION. Acara ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 18 hingga 20 Maret 2019 di Auditorium Yustinus, Kampus Semanggi. Terdapat sebelas universitas dari seluruh Indonesia yang berpartisipasi pada lomba ini antara lain : UNIKA Atma Jaya sebagai tuan rumah (2 tim), Universitas Tarumanegara (2 tim), Universitas Gunadarma (1 tim), Universitas Kristen Maranatha (1 tim), Universitas Indonesia (2 tim), Universitas Bina Nusantara (1 tim), Universitas Airlangga (2 tim), Universitas Islam Bandung (2 tim), Universitas Padjajaran (1 tim), Universitas Sumatra Utara (2 tim), dan Universitas Gadjah Mada (2 tim).

 

 

Tujuan utama pada PSYVOLUTION adalah untuk mengasah pengetahuan mengenai psikologi melalui lomba cerdas cermat. Tema yang diangkat adalah Psychology as the Center of Health (P.A.T.C.H), yakni membahas pengaruh ilmu kesehatan psikologi terhadap kesehatan fisik seseorang. Tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan sikap ramah terhadap disabilitas, karena semua orang memiliki hak yang sama di masyarakat. Sebagai sesama manusia, kita harus membantu kaum disabilitas dan tidak bersikap membeda-bedakan.

 

 

Hari pertama pada tanggal 18 Maret 2019, acara dimulai dengan sambutan dari Darwin selaku project leader, Eric Geraldy selaku ketua HIMAPSI, dan Mbak Angel selaku Dekan FPUAJ. Kegiatan dilanjutkan dengan city tour keliling Jakarta dengan bus tingkat menuju Lapangan Banteng untuk memberikan kesempatan bagi para peserta mengenal Jakarta sebagai lokasi diadakannya lomba. Acara diakhiri dengan adanya acara ramah-tamah bagi para peserta yang akan mengikuti lomba yang dimulai pada hari kedua, dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bagi para peserta untuk saling mengenal satu dengan yang lainnya. Beberapa penampilan dari mahasiswa FPUAJ ikut mengakhiri kegiatan di hari pertama.

 

 

Pada hari kedua tanggal Selasa, 19 Maret 2019, lomba cerdas sampai pada tahap babak penyisihan untuk lima tim besar yang akan lanjut bersaing di hari ketiga. Dari tujuh belas tim yang bersaing, lima besar yang lanjut lolos ke babak selanjutnya antara lain : Universitas Indonesia Tim A, Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia Tim B, Universitas Indonesia Tim B, dan  Universitas Gadjah Mada Tim A. Hari kedua diakhiri dengan workshop yang dibuka dengan sesi dari Prof. Irwanto dan diikuti oleh sharing dari Maureen (Mahasiswa FPUAJ ). Pada hari kedua, lomba cerdas sampai pada tahap babak penyisihan untuk lima tim besar yang akan lanjut bersaing di hari ketiga. Dari tujuh belas tim yang bersaing, lima besar yang lanjut lolos ke babak selanjutnya antara lain : Universitas Indonesia Tim A, Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia Tim B, Universitas Indonesia Tim B, dan  Universitas Gadjah Mada Tim A.

 

 

Hari ketiga yaitu hari terakhir pada tanggal 20 Maret 2019, berlangsung babak ketiga untuk menentukan pemenang dari lomba cerdas cermat. Peserta melalui beberapa babak dan ronde diakhiri dengan analisis film Forrest Gump. Melalui babak tersebut terpilih tiga besar yang akan lanjut ke babak final yakni Tim Universitas Indonesia Tim B, Universitas Islam Bandung Tim B, dan Universitas Padjajaran. Tidak hanya lomba, hari ketiga juga berlangsung workshop mengenai mobile productivity. Pada akhirnya, lomba dimenangkan oleh Universitas Indonesia tim B yang meraih juara 1, yang dilanjutkan oleh Universitas Islam Bandung tim B di posisi 2 dan Universitas Padjajaran di posisi 3.

 

 

Selamat kepada para pemenang dan terima kasih atas partisipasi peserta lomba dan  seluruh panitia PSYVOLUTION 2019.

 

Penulis : Lisa Ratnalia (2018)

Editor : Natasha Violin (2015)

 

 

 

 

 

 
Kalender
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30  
bottom