Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Webinar Bedah Buku bersama PSYGHT VOL. 2.0

 

 

 

Sabtu, 29 Mei 2021, Psychological Insight (PSYGHT) Fakultas Psikologi Atma Jaya (FPUAJ) kembali mengadakan webinar bedah buku VOL. 2.0 melalui Zoom Meetings. Webinar “Bedah Buku bersama PSYGHT VOL. 2.0” menghadirkan seorang narasumber dan seorang moderator yang merupakan alumni dari FPUAJ. Narasumber yang diundang adalah Anastasia Satriyo, M.Psi., Psikolog (alumni FP UAJ angkatan 2008) atau yang akrab disapa Mbak Anas yang merupakan seorang Mental Health Advocate, Child & Adolescence Clinical Psychologist, dan seorang penulis. Mbak Anas sudah menulis dua buku berjudul “Kamu Tak Harus Sempurna” dan “Tak Ada Sekolah untuk Orang tua”. Buku “Kamu Tak Harus Sempurna” menjadi bahan yang dibahas pada webinar ini. Sedangkan, moderator yang diundang adalah Hinggista Carolin Lubis, S.Psi (alumni FP UAJ angkatan 2016) atau yang akrab disapa Kak Hinggis yang tengah berprofesi sebagai Recruitment Coordinator di PT. Kenari Djaja Prima. Selain ada narasumber, moderator, dan panitia, webinar ini dihadiri juga oleh Kepala Bidang Kemahasiswaan FPUAJ, yaitu Fransisca Rosa Mira Lentari, M.Psi., Psikolog atau yang akrab disapa Mbak Ocha serta peserta webinar yang berasal dari FPUAJ maupun dari luar Atma Jaya.

 

  Dalam webinar ini terdapat dua sesi utama, yaitu sesi talkshow bersama Mbak Anas yang dipandu oleh Kak Hinggis dan sesi tanya-jawab Mbak Anas dengan peserta. Buku “Kamu Tak Harus Sempurna” membahas tentang bagaimana seseorang tidak harus menjadi sempurna, tetapi cukup untuk menjadi diri sendiri. Mbak Anas tertarik menulis buku ini karena merasa hidupnya yang harus selalu sempurna sedari dulu, sebelum akhirnya mendapat pemahaman bahwa hal tersebut tidak benar. Mbak Anas merasa bahwa kita tidak perlu memenuhi pandangan masyarakat yang menuntut kesempurnaan. Mbak Anas lebih membahas banyak topik mengenai anak dan remaja karena dapat mempertanggungjawabkan isi bukunya secara keilmuan sebagai seorang psikolog anak dan remaja. Buku ini ditulis berdasarkan perpaduan dari hasil pembelajaran ilmu psikologi dan pengalamannya sendiri sebagai seorang anak. 

 

  Mbak Anas merasa penting bagi seorang anak untuk dapat mengelola rasa cemas, kecenderungan untuk berpikir berlebihan (overthink), dan stresyang dimilikinya. Hal ini dapat lebih mudah dikelola apabila mereka memiliki rasa syukur (gratitude) yang baik. Seseorang yang memiliki rasa syukur akan merasa cukup dan aman, sehingga tidak kembali mengejar kesempurnaan. Setiap orang harus belajar memproses emosi dan mengelola hubungan diri sendiri dengan baik. Tentunya, semua hal ini tidak dapat langsung dilakukan dan perlu dipelajari secara perlahan serta tanpa paksaan. Mbak Anas menekankan pentingnya menemui psikolog apabila kita sudah tidak dapat mengatasinya sendiri. 

 

  Meskipun ditulis berdasarkan teori psikologi, buku ini dikemas secara sederhana sehingga mudah dimengerti. Buku ini ditulis dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan dapat menjangkau seluruh kalangan masyarakat. Mbak Anas bercita-cita menyebarkan ilmu psikologi keseluruh Indonesia dengan buku yang ditulisnya. Di akhir sesi talkshow, Mbak Anas pun memberi pesan kepada peserta untuk terus mengejar mimpi, tetapi jangan lupa untuk peduli dan merawat diri sendiri. Acara pun berlanjut dengan sesi tanya-jawab, dimana antusiasme peserta mulai terlihat dengan terkumpulnya beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh Mbak Anas. = Kegiatan webinar pun diakhiri dengan acara foto bersama dengan Mbak Anas, Kak Hinggis, para panitia, dan para peserta yang telah hadir.

 

 

 
Kalender
S S R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  
bottom