Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
PSYCHOCARE 9 : SADARKAN!

Pada Sabtu, 16 Februari 2019 dan Minggu 17, Februari 2019, salah satu project Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) yang bergerak dalam bidang sosial yaitu PSYCHOCARE kembali hadir dengan membawa tema kekerasan seksual pada anak. Peserta dari acara ini adalah  anak-anak dari komunitas Rumah Belajar Senen (RBS). Tema tersebut dipilih karena menurut Pusat Penelitian HIV (PPH) UNIKA Atma Jaya, kehidupan anak-anak sosial ekonomi rendah sangat rentan untuk mengalami kekerasan seksual. Maka dari itu, kunjungan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak RBS mengenai kekerasan seksual.

 

Sebelum hari pelaksanaan, pada hari Kamis, 7 Februari 2019, tim Psychocare yang terdiri dari panitia dan fasilitator kelompok (FK) melaksanakan kegiatan pembekalan materi yang disampaikan oleh salah satu dosen Fakultas Psikologi UNIKA Atma Jaya sekaligus Psikolog Klinis Anak yaitu Anastasia Satriyo M.Psi, Psikolog atau yang akrab disapa Mbak Anas. Kegiatan pembekalan materi ini dimulai dengan pembukaan. Lalu, doa bersama, ice breaking, penyampaian materi, diskusi kelompok, dan menulis refleksi diri. Pembekalan lebih bersifat menyiapkan diri para FK dalam menghadapi anak-anak bersituasi khusus.

 

 

Pada pelaksanaan hari pertama Psychocare 9, tim Psychocare mengajak anak-anak RBS ke sebuah rumah retreat, Wisma Canossa di kawasan Bintaro untuk makan siang bersama, bermain, menggambar, dan memberikan souvenir sebagai kenang-kenangan. Keesokan harinya, pada hari kedua, tim Psychocare 9 (panitia dan FK) melaksanakan kegiatan bersama dengan kakak-kakak volunteer dari komunitas RBS untuk mendengarkan materi mengenai perkembangan anak, berbagai masalah yang dihadapi anak, serta isu seksualitas terhadap anak yang dibawakan oleh narasumber Gisella Tani Pratiwi—seorang Psikolog Klinis Anak yang merupakan alumni FPUAJ.

 

 

 

Penulis: Gyshella Amanda Mahardika (2018)

Editor : Natasha Violin (2015)

 

 

 

 

 
Kalender
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30  
bottom