Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Psychocare: #sadarajadulu

Pada tanggal 16 November 2019, Psychocare X yang merupakan salah satu projek dari Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) menyelenggarakan workshop sebagai rangkaian pertama dari acara mereka dengan mengambil teman “Toxic Relationship” . Acara ini dimulai pada pukul 11.00-16.15 di Aula Y15 UNIKA Atma Jaya Semanggi. Terdapat 4 pembicara yang diundang dalam acara ini yaitu Sandersan Onie yang merupakan seorang post doctoral researcher dan juga member dari Black Dog Institute . Kemudian pembicara kedua adalah Rena Masri, S.Psi, M.Si, Psikolog yang merupakan founder dari cinta setara online education community, lalu pembiacara ketiga adalah Dara Arafah yang merupakan seorang social inluencer. Pembicara terakhir adalah Bernadette M.Duisters, S.Psi yang merupakan seorang penyintas kekerasan dalam hubungan.

Workshop ini terdiri dari beberapa sesi dengan terdapat sesi dimana setiap pembicara membicarakan tentang akar masalah, penyebab dari munculnya toxic relationship  itu sendiri, dampak dari hubungan ini, hingga solusi untuk mengatasi dan mencegah munculnya kekerasan dalam hubungan berpacaran. Kemudian ada juga sesi berkelompok dimana setiap perserta membuat grup dan dengan bimbingan fasilitator yang telah disediakan mereka melakukan sharing pengalaman pribadi. Selain itu di dalam workshop ini juga ditayangkan film yang telah dibuat oleh panitia dengan tema toxic yang menjelaskan tentang jenis-jenis secara verbal maupun non-verbal terkait dengan hubungan yang dianggap sebagai hubungan toxic .

Workshop ini diakhiri dengan membuka kain yang semula ditempelkan di papan dimana para peserta menuliskan tentang hope and worries mereka, di papan ini telah terdapat tulisan “sadar” yang dimana memiliki pesan untuk para peserta untuk sadar tentang apa itu toxic relationship yang bisa saja terjadi kepada siapa saja namun tidak disadari baik itu oleh orang lain maupun diri kita sendiri.

Penulis & Editor: Jeffry Santosa Salim

 

 
Kalender
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30  
bottom