Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Kesan dan Sharing Penerima Program Beasiswa Frans Seda Foundation Tahun 2015

               Sejak tahun 2014 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya telah menjalin kerjasama dengan Frans Seda Foundation dan Tilburg University di Belanda tepatnya di Tilburg dalam rangka menjalankan program beasiswa pertukaran pelajar bagi mahasiswa Prodi Magister Hukum Unika Atma Jaya untuk melaksanakan penelitian thesis selama maksimal 3 bulan, guna memperoleh data dengan cara penelitian untuk menunjang penyususnan Thesis yang sedang dikerjakan.

               Frans Seda Foundation telah memulai Program “Twin Scholarship”, yang bertujuan untuk mempromosikan interaksi antara mahasiswa yang masih melakukan  penelitian Thesis terbilang sejak dimulainya program kerjasama dimaksud.

               Untuk tahun 2015 ini, saya terpilih sebagai salah satu Mahasiswa Magister Hukum Unika Atma Jaya penerima program ini, Puji dan Syukur Kepada Tuhan saya ucapkan atas kesempatan yang diberikan ini, lebih lanjut Saya juga sangat berterima kasih kepada Unika Atma Jaya, Frans Seda Foundation dan Tilburg University yang telah memberikan kesempatan untuk mengikuti program ini serta saya bersyukur dan berterima kasih atas dukungan keluarga yang juga sangat antusias serta mendukung saya dalam mengikuti program ini.

               Terkait dengan program ini, penelitian yang saya laksanakan di Tilburg adalah tentang hukum pekerja disabilitas, dikarenakan Thesis saya telah selesai maka saya melakukan penelitian tentang pekerja disabilitas di Belanda dan akan dipublikasikan melalui Jurnal yang berisikan ringkasan Thesis dan penelitian yang saya lakukan di Tilburg.

               Sebelum saya berangkat, saya mengurus beberapa hal terkait dengan administrasi dan housing, saya berkorespondensi via email dengan berbagai pihak yang terkait dengan program ini, seperti Tilburg International Office dan Sekretariat Frans Seda Belanda. Tentang penginapan saya selama di Tilburg saya banyak di bantu oleh berbagai pihak salah satunya adalah PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Tilburg, dan berdasarkan informasi dari rekan-rekan sesama pelajar Indonesia saya bisa mendapatkan penginapan yang sangat baik untuk tempat tinggal saya selama melaksanakan penelitian.

               Setelah saya mendapatkan Grant Letter dari Frans seda Foundation mengenai program ini, yang mana Grant Letter tersebut berisikan tentang keseluruhan ketentuan dan biaya akomodasi yang diberikan sebagai pembiayaan beasiswa, Pada tanggal 1 Juni 2015 saya bertolak ke Tilburg - Belanda dan tiba pada tanggal 2 Juni 2015.

 

Tentang Kota Tilburg, merupakan kota yang menarik dan nyaman, dikelilingi oleh alam yang indah seperti Moerenburg, De Loonse dan Drunense Duinen, Campina dan De Utrecht. Terdapat pusat kota hidup yang menawarkan merek terkenal, dan toko-toko khusus. Pendidikan tinggi dianggap sesuatu yang penting disini, Universitas Tilburg adalah salah satu universitas yang menarik sarjana dari seluruh penjuru dunia. Universitas Tilburg didirikan pada tahun 1927 dan dibiayai penuh oleh pemerintah setempat. Dengan (moto: "Memahami Masyarakat").

               Tilburg University, atau dalam bahasa belanda disebut Universiteit van Tilburg, adalah sebuah universitas publik milik pemerintah yang memfokuskan pendidikan di bidang social and behavioral science, ekonomi, hukum, ilmu bisnis, teologi dan humanities yang terletak di Tilburg, sebuah wilayah di sisi selatan Belanda. Tilburg University memiliki populasi jumlah siswa sekitar 14 ribu orang yang mana kurang lebih 8% (Delapan Persen) diantaranya adalah siswa yang berasal dari negara lain yang datang dari seluruh penjuru dunia. 

               Setelah beberapa hari saya menikmati suasana kota Tilburg, saya berkunjung pertama kalinya ke Universitas Tilburg, dan menemui Nicolas Bohorquez Cortes, Admissions Officer LLB Global Law & Exchange Coordinator Incoming student. Beliau menerangkan tentang sejarah dan tata letak kampus Tilburg, mulai dari perpustakaan, kantin dan lain sebagainya.

               Berbicara tentang penelitian yang saya laksanakan, saya memulainya dengan bertemu mentor pembimbing yang dipilihkan sebelum saya tiba di Tilburg, yakni Prof.dr. Herman L. Beck, Beliau sangat banyak sekali membantu saya dalam proses penyelesaian Jurnal ini. Beliau menerangkan bahwa penelitian saya ini selain membutuhkan literatur buku dan peraturan perundangan yang dapat di cari di perpustakaan Tilburg, namun juga diperlukan pengamatan sosial yang dapat nemambah wawasan saya mengenai kondisi pekerja di Kota Tilburg khususnya pekerja disabilitas. Perpustakaan Tilburg menurut saya merupakan perpustakaan yang lengkap dan memiliki fasilitas yang sangat baik untuk memudahkan mahasiswa mencari bahan yang diperlukan.

               Setelah saya menyelesaikan penelitian saya terkait dengan penyususnan Jurnal, saya menyempatkan diri untuk berjalan-jalan keliling kota Tilburg, saya mengunjungi beberapa musium yang menarik, dan saya sempat menghadiri salah satu Festival besar yang di gelar di Tilburg yaitu Festival Mundial. Setelah mengelilingi kota Tilburg saya juga sempat mengunjungi beberapa kota besar di Eropa. Hal tersebut merupakan pengalaman yang tidak terlupakan.

               Pada tanggal 14 juli 2015 saya tiba kembali di Jakarta, dan mulai menyusun jurnal untuk proses penyelesaiannya yang siap di publikasikan, dalam hal ini saya banyak sekali dibantu oleh Dr. Yanti Fristikawati sebagai dosen pembimbing Thesis S2 saya atas kesediannya dan bantuannya saya ucapkan apresiasi serta berterima kasih kepada Ibu Yanti.

               Saya sangat bersyukur telah mendapatkan kesempatan yang sangat baik ini, karena selain sebagai menambah pengetahuan saya baik secara pendidikan hukum terkait dengan bidang saya yakni hukum hubungan industrial (ketenagakerjaan), selain itu program ini juga menambah pengalaman, wawasan serta  membentuk pribadi saya menjadi lebih mandiri dan berkembang dari sebelumnya.

               Besar harapan saya apabila program beasiswa ini bisa terus berkembang sehingga dapat memberikan kesempatan bagi para mahasiswa lainnya yang memiliki potensi dan kompetensi untuk juga dapat merasakan pengalaman yang sama dengan saya.

 

 

-Ririe Lantari Eryanto-

 

 

Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31
bottom