Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Report Summer Courses in Taiwan - Stacya Mariss

Pada bulan Juli tahun 2018 ini, saya (Stacya Mariss, Mahasiswa Adminitrasi Bisnis Angkatan 2015) berkesempatan untuk mengikuti program Summer Camp yang diadakan oleh pihak Chung Yuan Christian University, Taiwan. Program Summer Camp ini dibagi menjadi dua program yaitu program II/ELE (The International Innovation & Entrepreneur Leadership Experience Program) dan II/ALE (The International Industrial/Academic Leadership Experience Program) dan program yang saya pilih adalah II/ELE karena pas dengan jurusan saya yaitu administrasi bisnis. Peserta program Summer Camp bukan hanya dari Indonesia dan Taiwan saja, tetapi banyak juga yang berasal dari USA, Malaysia, China, Filipina, Jepang dan Malaysia.

 

Setiap program, akan dibentuk grup yang terdiri dari berbagai negara tersebut dan akan mengerjakan tugas projek bersama-sama. Program II/ELE diberi dua pilihan topik yang akan menjadi tema utama projek masing-masing kelompok yaitu social enterprise dan technology. Social enterprise fokus pada bisnis dengan pokok masalah keadaan sosial dan technology fokus pada bisnis dengan pokok masalah pengembangan dan inovasi dalam bidang teknologi. Untuk menyelesaikan projek tersebut, Summer Camp juga membuat jadwal untuk diskusi kelompok dan mengikuti kuliah umum yang dibawakan oleh orang-orang yang ahli dalam bidangnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain diskusi kelompok dan kuliah didalam kelas, CYCU juga mengajak para peserta untuk berkunjung ke beberapa perusahaan berbasis social enterprise di Taiwan, yaitu iiiNNO, Victory Kitchen, Dialogue in The Dark, O’right dan Taoyuan Youth Commander. Setiap perusahaan membagikan kisah-kisah bagaimana perusahaan tersebut terbentuk serta tips-tips bagi yang ingin memulai entrepreneurship.

    

Pihak universitas juga mengajak para mahasiswa yang berasal dari luar Taiwan untuk berkunjung ke beberapa yang terkenal di Taiwan yaitu, Sun Moon Lake - Formosa Aboriginal Culture Village, Yilan; berkunjung ke Center Of Traditional Arts dan mencoba membuat kue lidah sapi (ox tongue biscuit) yang menambah pengetahuan saya akan budaya suatu negara, terutama Taiwan.

 

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30  
bottom