Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Report Summer Courses in Taiwan - Mira Christina

Pada liburan pergantian semester tahun 2018 saya (Mira Christina, Mahasiswi Program Studi Administrasi Bisnis angkatan 2015) mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program summercamp yang diadakan di Chung Yuan Christian University (CYCU), Taiwan selama kurang lebih 3 minggu. Saya merasa sangat beruntung karena dengan mengikuti summercamp saya menjadi memiliki banyak sekali teman. Teman-teman tersebut dari negara yang berbeda-beda, yaitu America, Filipina, Hongkong, Japan, Korea, dan Taiwan.

 

Dari program ini saya mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga yang sebelumnya belum pernah saya dapatkan. Saya melatih kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris, melatih menjalin komunikasi yang baik dengan teman-teman yang berasal dari berbagai negara, dan mengenal budaya di setiap negara.

 

 

Program ini mengajarkan setiap pelajar untuk mengembangkan jiwa entrepreneurship sejak dini. Kita semua diminta untuk membuat sebuah project bertemakan social enterprise secara berkelompok dan project yang kita kerjakan pada akhirnya akan ditandingkan dengan kelompok lain. Selama mengikuti program ini saya menjadi bagian dari kelompok 5. Pada kelompok 5 terdiri dari saya sendiri Mira Christina (Atma Jaya Catholic University), Ferdyn Joshua Ranosa (Mapua University, Filipina), Emily Elizabeth Young (Mississippi College, America), Alan Chang (CYCU, Taiwan), Meg Yeh (CYCU, Taiwan), Lina Lin (CYCU, Taiwan) dan Caillou Huang (CYCU, Taiwan). Dengan adanya kelompok ini saya mendapatkan pelajaran sangat banyak, saya harus dapat secara spontan mengeluarkan pendapat/ ide dan saya harus dapat memahami pendapat/ide dari setiap orang. Hal yang paling penting adalah kita harus dapat mengetahui apakah semua orang paham dengan pendapat/ ide yang kita sampaikan dikarenakan adanya perbedaan bahasa dan budaya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain penyampaian materi di kelas, kita juga mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi beberapa perusahaan yang berhubungan dengan entrepreneurship, seperti Dialogue in the Dark (DID), Victory Kitchen, O’Right, iNNO dan Taoyuan Youth Commander. Dengan adanya kunjungan perusahaan membantu kita mengetahui konsep bisnis secara nyata dan kita mengetahui bisnis-bisnis yang sedang berkembang pada saat ini.

 

Pihak Chung Yuan Christian University juga mengajak semua pelajar asing untuk mengikuti culture trip. Kita diajak ke Sun Moon Lake, National Center of Traditional Arts, Yilan Cake Factory dan Luodong Market. Dengan mengikuti culture trip saya menjadi mengetahui budaya-budaya yang ada di Taiwan dan saya mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa.

 

“Fortune Favours the Bold”

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30  
bottom