Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
KULIAH UMUM KELAS KOMUNIKASI ORGANISASI 2018-2019

Senin (6/5/2019) mahasiswa dari kelas Komunikasi Organisasi seksi A dan B, program studi Ilmu Komunikasi mengikuti kuliah umum dengan dosen tamu dari Santa Fe College, Florida, bernama Kasey Brandt, pada pukul 10.00-12.00 di ruang K3 Multimedia Kampus 1 Semanggi. Tema yang dibawakan pada kuliah ini adalah Komunikasi Kesehatan. Sebelumnya, Kasey berprofesi sebagai perawat, namun telah tiga tahun ini, ia fokus mengajar di fakultas keperawatan di Santa Fe. Sehingga, ia banyak mengkaitkan konsep dengan pengalaman praktisnya selama menjadi perawat.

 

Sebagai perawat, Kasey mendalami teknik komunikasi yang efektif terhadap pasien-pasiennya, karena menurutnya komunikasi mempengaruhi perilaku seseorang. Sebagai contoh, Kasey membantu pasiennya yang menderita obesitas untuk mengubah kebiasaan lamanya agar sembuh. Ia pun melakukan komunikasi interpersonal apa yang harus dan tidak boleh diperbuat sehingga dapat memperoleh hasil yang baik. Komunikasi dalam kesehatan cenderung bersifat konseling, yaitu mempengaruhi orang lain dengan berbicara antarpribadi, untuk membantu memberikan solusi.

 

Selama kuliah umum, mahasiswa mendapat banyak ilmu dari presentasi yang diberikan. Kasey membahas tentang ‘Mental Illness’, yang terdapat dua faktor penting di dalamnya. Pertama, adalah depresi. Penyakit ini paling banyak mempengaruhi penduduk di dunia termasuk di US, maka mereka pun memiliki lembaga yang mengayomi kesehatan mental yaitu National Alliance of Mental Illness (NAMI). Kemudian, kedua tentang stigma, bahwa para masyarakat harus memiliki stigma untuk bersikap empati terhadap sesama. Sehingga, penderita depresi dapat terbantu, dengan berani berkomunikasi terbuka dengan lingkungan sekitarnya.

 

Dalam kuliah ini, Kasey memberi banyak video yang merupakan kampanye dari NAMI untuk berani terbuka tentang mental illness yang dialami oleh seseorang. Kasey juga memberi beberapa pertanyaan dengan aktivitas permainan yang menarik, sehingga mahasiswa menjadi lebih paham terkait materi yang disajikan. (Oleh: Emilia, mahasiswa Komunikasi 2017)

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30  
bottom