Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Kerjasama Penelitian Antara Akademisi dan Industri Untuk Deteksi Dini Penyakit

Penandatangan nota kesepahaman antara Dekan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya (FTb UAJ), Dr. Ir. Antonius Suwanto, M.Sc, (diwakili oleh Kaprodi Biologi, Dr. Listya Utami Karmawan) dan Direktur PT. Prodia Diagnostic Line (Proline), Dr. Cristina Sandjaja dilakukan pada tanggal 13 November 2019 pada persemian Fasilitas Produksi dan Pengembangan Produk Imunologi Inbio (Gambar 1 dan 2). Menurut Irvan Faizal, Ph.D., ketua tim dosen Peneliti dari FTB UAJ, nota kesepahaman ini merupakan langkah awal untuk kerjasama penelitian bersama untuk menghasilkan metoda diagnostik yang dapat mendeteksi secara dini penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) berbasis DNA.

Target produk yang akan dihasilkan adalah kit diagnostik lab based yang dapat mendeteksi penyakit yang diawali dengan gejala demam. Hal ini dilakukan karena ada beberapa kejadian yang diawali demam, namun salah dalam penentuan penyakitnya akibat demam tersebut. Pendiri dan Komisaris Utama Prodia Group, Andi Wijaya, Ph.D. berharap agar kerjasama ini bisa menghasilkan suatu kit diagnostik multiplex yang dapat mendeteksi beberapa penyakit dengan gejala yang sama (misalnya demam). Semoga awal yang baik ini dapat berlanjut dan menghasilkan produk hasil kerjasama institusi pendidikan dan industri yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan masyarakat Indonesia.

1

Gambar 1 Penandatanganan Nota Kesepahaman antara FTb Unika Atma Jaya dan PT Prodia Diagnostic Line

 

2

Gambar 2 Foto bersama di depan Fasilitas Produksi dan Pengembangan Produk Imunologi Inbio (ki-ka: Irvan Faizal, Ph.D, Dr. Cristina Sandjaja, Andy Wijaya, Ph.D., Dr. Listya U. Karmawan)

 

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30  
bottom