Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Sinergi Tiga Fakultas dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat: Menuju Rusunawa Hijau

Pada hari Rabu 31 Juli 2019 di Rusunawa Muara Baru, Tim Pengabdian Masyarakat Lintas Fakultas yang terdiri dari Fakultas Teknik (FT), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dan Fakultas Teknobiologi (FTb) mengadakan pelatihan dengan tema “Menuju Rusunawa Hijau”. Acara ini bekerjasama dengan PT. East West Seed Indonesia yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan pelatihan secara langsung mengenai pembuatan kompos, rain water haversting hingga urban farming.

 

Acara diikuti warga-warga Rusunawa Muara Baru Blok 5 dan juga para mahasiswa dari FT, FKIK dan FTb. Warga setempat dan para mahasiswa/i bekerjasama dalam pembuatan kompos Takakura. Pembuatan kompos ini bertujuan agar warga sekitar dapat mendaur ulang sampah mereka sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih atau digunakan untuk kegiatan urban farming mereka. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi edukasi mengenai sebab dan akibat mengenai air kotor. Pada sesi ini, diskusi interaktif dan presentasi dilakukan antara warga, dosen fakultas serta mahasiswa. Kegiatan urban farming yang dilakukan meliputi penyemaian cabai, terong dan tomat serta penanaman tanaman kacang panjang dan labu.

 

 1
(a)

2

(b)

3

(c)

Gambar 1 (a) Penjelasan mengenai pembuatan kompos Takakura oleh dosen FTb, (b) Proses semai benih dan (c) penanaman benih di lahan

 

Sebelumnya, pada tahun 2018, Pusat Pemberdayaan Masyarakat Unika Atma Jaya bersama dengan Coca-Cola Foundation sudah pernah membantu warga Rusunawa dalam membangun sistem pengolahan air berupa Rain Water Harvesting (RWH). Dikutip dari majalah SWA tahun 2018a, sistem pengolahan air ini mencakupi 3 blok rusun dan dapat menampung 336.000 liter air. Air yang masuk ke sistem RWH disaring dengan ijuk dan zeolit sehingga menghasilkan air yang bening. Warga umumnya menggunakan untuk keperluan mencuci, menyiram tanaman dan mandi.

 

Program pembangunan sistem RWH merupakan perwujudan dari salah satu poin Sustainable Development Goals (SDG) yaitu pembangunan kota dan komunitas yang berkelangsungan. Harapan program ini dapat memberikan manfaat langsung bagi warga serta menjadi acuan bagi upaya pembangunan Rusunawa yang berorientasi lingkungan serta dapat menjadi contoh baik dalam pengembangan rumah susun yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan air hujan. DI akhir acara tim pengabdian masyarakat berfoto bersama dengan warga Rusunawa Muara Baru Blok 5. Semoga warga blok 5 dapat menjadi contoh bagi lingkungan sekitar untuk menuju rusunawa hijau.

 5

Gambar 2 Berfoto bersama setelah kegiatan workshop pengabdian masyarakat

 

Sumber: ahttps://swa.co.id/swa/csr-corner/coca-cola-indonesia-dan-unika-atma-jaya-dukung-suistanable-city

Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31
bottom