Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Mengenal Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya melalui Indonesia Science Day 2019

Unika Atma Jaya khususnya Fakultas Teknobiologi (FTb) berkesempatan memamerkan hasil karya ilmiahnya pada acara Indonesia Science Day 2019 (ISD 2019) yang diselenggarakan di Pusat Peragaan Iptek Taman Mini Indonesia Indah (PP Iptek-TMII) pada tanggal 25-28 April 2019. Acara ini diselenggarakan oleh PP Iptek dan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI). Menurut ketua harian ISD 2019, Ibu Ika Mian Karlina, acara ini bertujuan untuk memperkenalkan hasil karya anak bangsa kepada masyarakat demi meningkatkan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan.

Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya memperkenalkan produk-produk hasil praktikum mahasiswa Program Studi Biologi seperti kultur jaringan tanaman (Gambar 1) dan bakteri Escherichia coli yang mampu berpendar di bawah paparan sinar UV akibat transformasi genetik (Gambar 2). Selain itu dipamerkan pula hasil praktikum Teknologi Produk Marine dari Program Studi Teknologi Pangan berupa kecap ikan, gelatin dari tulang ikan, kitosan dari limbah kulit/cangkang udang dan karagenan dari rumput laut (Eucheuma cottoni) (Gambar 3). Kitosan dapat digunakan sebagai edible coating pada produk pangan sehingga dapat memperpanjang umur simpan produk tersebut. Karagenan berperan penting sebagai penstabil, pengental, pembentuk gel dan pengemulsi pada produk pangan. Pameran produk hasil karya mahasiswa Teknologi Pangan yang sangat unik dan eco-friendly dijelaskan oleh salah seorang dosen Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya (Gambar 4).

Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya mengedepankan pengalaman mahasiswa untuk mempelajari teknik-teknik bioteknologi secara langsung melalui berbagai kegiatan praktikum. Didukung dengan fasilitas laboratorium dan instrumentasi yang lengkap dan canggih Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya sanggup menghasilkan lulusan yang tepercaya kualitasnya serta mampu bersaing di kancah internasional.

Informasi terkini seputar Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya dapat diikuti melalui website resmi Unika Atma Jaya dan akun official Instagram (IG:biotechatmajaya).

1

Gambar 1 Kultur Jaringan Tanaman hasil karya praktikan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya program Studi Biologi

2

Gambar 2 Mahasiswa Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya menjelaskan mengenai bakteri E. coli transgenik yang dapat berpendar dan kultur jaringan tananman

3

Gambar 3 Hasil praktikum Teknologi Produk Marine dari Program Studi Teknologi Pangan

4

Gambar 4 Suasana pameran PP Iptek 2019

5

Mari bergabung di Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya. Informasi Tes Masuk dan Pendaftaran Mahasiswa Baru dapat diakses dari https://admission.atmajaya.ac.id/

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30  
bottom