Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Persepsi Risiko Banjir pada Masyarakat yang Tinggal di Bantaran Kali Ciliwung, Jakarta

 

Rabu, 19 Mei 2021 Program Doktor dan Magister Psikologi menyelenggarakan Webinar berjudul "Persepsi Risiko Banjir pada Masyarakat yang Tinggal di Bantaran Kali Ciliwung, Jakarta". Acara ini mengundang pembicara yaitu Nicolas Indra Nurpatria, M.Si., Psikolog seorang kandidat doktor psikologi di Unika Atma Jaya dan dimoderatori oleh Dr. Clara R. P. Ajisuksmo, Msc., Psikolog. 

 

Kegiatan yang berlangsung secara daring melalui zoom ini dihadiri kurang lebih oleh 51 partisipan. Webinar ini membahas mengenai bagaimana persepsi risiko yang terbentuk dan menentukan kesiapsiagaan masyarakat yang tinggal di Bantaran kali Ciliwung, Jakarta. Tujuan utama yang disasar adalah untuk memahami kesiapsiagaan. Sebagai gambaran, penelitian ini berlangsung di Jakarta sebagai kota yang bergabung dalam kampanye global "Mewujudkan Kota yang Tangguh - Kotaku Siap Hadapi Bencana".  Kota Jakarta merupakan salah satu dari 20 lokasi di Indonesia sebagai wilayah metropolitan yang ditetapkan menjadi lokasi prioritas nasional berdasarkan major project pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020 - 2024. 

 

Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan menggunakan pendekatan Induktif-Holistik yaitu berupa penafsiran atau pemaknaan individual atau kelompok. Selain itu juga dilakukan pemahaman utuh mengenai konteks, dan penafsiran perilaku yang didasari pemahaman tentang konteks. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan wawancara secara individual dan kelompok. 

 

 

 

Kalender
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30  
bottom