Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Webinar: Publikasi Artikel dalam Bentuk Systematic Review

 

   

 

(15/11) Pada hari Senin, 15 November 2021, Prodi Magister Psikologi Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya bersama dengan Konsorsium Psikokultural Indonesia menyelenggarakan menyelenggarakan webinar berjudul “Publikasi Artikel dalam Bentuk Systematic Review”. Pada Webinar ini, Bapak Ignatius Darma Juwono, M.Psi, selaku narasumber memaparkan pengalaman dan pemahamannya mengenai systematic review.

 

Systematic review digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian yang diformulasikan dengan cukup jelas, dan menggunakan penelitian-penelitian yang sudah dipublikasi sehingga tidak menggunakan data-data primer secara langsung. Berbeda dengan Meta Analysis, systematic review tidak menggunakan statistik namun lebih menggunakan metode kualitatif. Dengan menggunakan metode ini, peneliti meringkas atau mensintesiskan pengetahuan di topik tertentu, dan melihat keterbatasan, gap, dan mengevaluasi penelitian terdahulu sehingga peneliti diharapkan mampu mengisi kekurangan penelitian, mengevaluasi teori atau intervensi terdahulu. Systematic review perlu dilakukan dengan transparan, utuh, dapat divertifikasi serta direplikasi. Selain itu, beliau juga menyampaikan enam tahap dalam melakukan systematic review, yakni persiapan (preparation), menterjemahkan protokol (outlining protocols), memilih database yang tepat (selecting appropriate databases), melakukan identifikasi dan menseleksi studi-studi yang tepat dengan protokol (identifying & selecting studies),  melakukan assesmen kualitas atau bias (bias/ quality assessment), dan mensistensiskan hasil dari penelitian-penelitian yang terpilih (synthesizing the finding). Di akhir webinar, beliau mepaparkan contoh-contoh penelitian sebelumnya yang menggunakan systematic review.

 

Webinar ini dihadiri oleh penggagas Konsorsium Psikokultural Indonesia (KPI), yaitu Ibu Prof. Dr. Irmawati, Psikolog, yang akrab disapa dengan Bu Irma, yang turut membuka acara ini. Mahasiswa S1, S2, S3, alumni, dan para dosen Fakultas Psikologi UAJ, serta peserta dari beberapa universitas lain juga turut hadir pada acara ini. Diskusi hangat terjadi antara peserta dengan narasumber yang dimoderatori oleh Kaprodi Magister Psikologi UAJ, yaitu Ibu Dr. Angela Oktavia Suryani, M.Si. Sebagai penutup, Bapak Darma dan Ibu Angela menyampaikan bahwa sytematic review dapat digunakan sebagai salah satu cara publikasi, dengan catatan pentingnya protokol dan keterbukaan pada sumber-sumber. Penggunaan metode systematic review mulai popular sekarang ini dan dapat dilihat dalam jurnal-jurnal internasional. (TA)

Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30  
bottom