Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Lecture Series "Doing Ethnography in Psychology" (First Class): Ethnography as a Collaborative Practice

(20/5) Hari Jumat, 20 Mei 2022, Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya menyelenggarakan seri pertama dari kegiatan lecture series yang disampaikan oleh Dr. Benjamin Hegarty, seorang peneliti dari University of Melbourne dan PUI-PT PPH PUK2IS. Seri pertama mengangkat topik “Doing Ethnography in Psychology”. Beliau berfokus pada penelitian mengenai gender, seksualitas, serta teknologi dan globalisasi. Pada saat ini, beliau sedang menjalankan penelitian mengenai komunitas transeksual dan perawatan HIV di Indonesia. Peserta kelas ini dihadiri oleh dosen maupun mahasiswa program sarjana, magister, dan doktor dari Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya.

 

 

 

Pada sesi pertama, Dr. Benjamin Hegarty memberikan pemaparan dengan judul “Ethnography as a Collaborative Practice”. Kelas dibuka oleh Dr. Angela Oktavia Suryani, M.Si. selaku Ketua Program Studi Magister Psikologi Unika Atma Jaya, dilanjutkan oleh Dr. Stefani Haning Swarati Nugroho sebagai moderator. Acara dimulai dengan diskusi berupa sharing oleh para peserta terkait pengalaman mereka dengan etnografi. Diskusi berlangsung menarik dengan peserta yang antusias membagikan pengetahuan mereka serta pengalaman praktik langsung saat melakukan penelitian berbasis etnografi. Para peserta yang berasal dari latar belakang sarjana yang berbeda, seperti antropologi, semakin menambah keantusiasan peserta dalam berdiskusi. 

 

 

Setelah sesi diskusi, Dr. Benjamin Hegarty menyampaikan materi mengenai konsep dasar etnografi. Etnografi adalah sebuah metode penelitian yang umumnya digunakan dalam disiplin ilmu antropologi. Etnografi terdiri dari kata ethno (culture atau budaya) dan graphy (writing atau penulisan). Dari pengertian ini dapat diketahui bahwa etnografi bukan hanya sekadar pengambilan data di lapangan saja, tetapi juga meliputi penulisan tentang budaya itu sendiri, di mana peneliti perlu tinggal bersama dengan masyarakat yang menjadi amatan penelitian.

 

 

Selanjutnya, Dr. Benjamin Hegarty juga menyampaikan proses melakukan penelitian etnografi, pertama-tama dengan menemukan pertanyaan penelitian seperti apa topik dan konteks yang ingin diteliti, mengapa hal itu seperti demikian dalam konteks tersebut, atau bagaimana subjek tertentu melakukan hal tersebut. Setelah itu, peneliti perlu menemukan lapangan atau field yang sesuai dengan pertanyaan penelitian dan mengumpulkan data dengan sebisa mungkin turut berpartisipasi. Kemudian, peneliti mencari pola hal-hal yang sering terjadi dan dapat menggunakan hasil tersebut untuk kembali merumuskan pertanyaan penelitian lanjutan. Metode pengumpulan data dalam penelitian etnografi dapat dilakukan melalui catatan lapangan (field notes), wawancara, focus group, foto, artikel berita, serta data statistik.

 

 

Setelah sesi materi dari Dr. Benjamin Hegarty selesai, Dr. Stefani Haning Swarati Nugroho memimpin sesi tanya jawab yang disambut hangat oleh para peserta. Peserta memberikan berbagai pertanyaan terkait materi secara langsung yang membantu memperdalam pemahaman mengenai etnografi. Sesi tanya jawab semakin menarik dengan pemaparan dari Dr. Benjamin Hegarty, yang membagikan pengalamannya melakukan penelitian etnografi. Kegiatan lecture series ini akan berlanjut tanggal 20 Juni 2022 (seri kedua) dan 20 Juli 2022 (seri ketiga). (NC)

Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30  
bottom