Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Aktifitas Mahasiswa Magister Psikologi Profesi

 

Meet and Greet adalah penyambutan mahasiswa baru Magister Psikologi Profesi yang diselenggarakan dua hari sebelum hari pertama perkuliahan. Meet and Greet yang terdiri dari dua hari berisi rangkaian acara yang diawali dengan seminar umum dengan topik yang dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa baru mengenai area psikologi yang dapat mereka tekuni di masa depan setelah mereka lulus sebagai psikolog sekaligus magister. Rangkaian acara di hari kedua, memperkenalkan mahasiswa pada aturan dan tata cara administrasi serta kegiatan yang akan mereka jalani sesuai peminatan masing-masing sehingga mahasiswa siap menjalani perkuliahan. Mahasiswa mendapat penjelasan langsung dari pihak yang kompeten, yaitu ketua program kekhususan Psikologi dan alumni yang sudah berhasil menyelesaikan perkuliahan dengan hasil sangat baik. 

 

 

 

Open House

 

Open house adalah salah satu kegiatan promosi Magister Psikologi Profesi. Kegiatan yang mengundang siapa saja yang tertarik untuk mengetahui tentang Magister Psikologi Profesi ini menjelaskan mengenai sejarah berdirinya Program Magister Psikologi Profesi di Indonesia, yang diteruskan dengan sejarah berdirinya Magister Psikologi Profesi FPUAJ. Penjelasan makin mengerucut ke kurikulum dan proses pembelajaran, termasuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam perkuliahan. Dengan demikian, diharapkan kegiatan ini semakin meneguhkan hadirin untuk mendaftar di Magister Psikologi Profesi FP UAJ.

 

 

 

Perkuliahan

Perkuliahan di Magister Psikologi Profesi tidak dilakukan secara monoton di dalam kelas.  Agar mahasiswa dapat terbiasa memulai dan membina interaksi dengan masyarakat, juga memahami kebutuhan masyarakat, maka hampir semua Mata Kuliah mensyaratkan mahasiswa untuk bertemu dengan masyarakat, dengan kerangka berpikir sesuai dengan tuntutan Mata Kuliah tersebut.  Variasi komunitas yang ditemui mahasiswa, sudah disiapkan oleh dosen pengampu dan pengelola, sehingga mahasiswa dapat memfokuskan konsentrasi pada pengembangan kompetensi mereka.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengembangan Karakter

Kegiatan pengembangan karakter diadakan menjelang mahasiswa memasuki periode praktek kerja. Mahasiswa akan diajak untuk lebih mengenali diri mereka, lebih mengasah empati dalam mengamati situasi, peristiwa dan manusia yang terlibat di dalamnya, sehingga mereka lebih siap untuk  bekerjasama dengan rekan maupun dalam mendampingi klien. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini dilakukan diluar Jakarta.

 

 

Temu Ilmiah

Temu Ilmiah merupakan kegiatan yang dilakukan secara rutin minimal sebulan sekali dengan tujuan memberi wawasan mengenai penerapan Ilmu Psikologi di area tertentu yang sedang mengalami perkembangan sehingga mahasiswa memiliki semakin banyak wawasan mengenai Ilmu Psikologi yang dapat diterapkan di masyarakat. Untuk mencapai tujuan ini, mahasiswa wajib mengikuti kegiatan ini sejauh tidak berbenturan dengan kuliah dan praktek kerja.

 

 

 

 

Professional Development

Professional development merupakan pendalaman Ilmu Psikologi, yang lebih kaya dan mendalam dibandingkan yang diperoleh di perkuliahan. Professional development ini tidak hanya diikuti mahasiswa, namun juga banyak diikuti pengajar FP UAJ. Dengan demikian, ilmu terus diperbaharui sesuai kebutuhan masyarakat.

 

 

 

Sumpah Profesi

Sumpah Profesi merupakan kegiatan yang menggembirakan dan membanggakan. Lulusan Magister Psikologi Profesi yang sudah lulus dalam Ujian Tesis mereka dan sudah menerima judicium, berhak menyandang gelar Magister Psikologi. Namun mereka baru berhak menambahkan gelar Psikolog setelah mengucapkan Sumpah Profesi Psikolog. Dengan Sumpah ini, diharapkan mereka menunjukkan kompetensi dan etika sebagai seorang psikolog.  Kegiatan yang dilakukan dua kali dalam setahun ini dihadiri oleh keluarga yang juga turut bangga bersama kami sebagai pengelola.

 

 

 

 

 

 

 

Kalender
S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29    
bottom