Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Musik Dapat Dipergunakan Sebagai Media Pendidikan Karakter

Musik Dapat Dipergunakan Sebagai Media Pendidikan Karakter

 

Pendidikan seharusnya menjadi jalan untuk mengajarkan dan membentuk karakter dan bukan seperti jasa laundry yang membersihkan noda sepintas lalu dicuci lagi manakala kotor. Tujuan pendidikan untuk membentuk manusia yang seutuhnya juga belum tercapai karena pendidikan karakter ditekankan sebatas teori dan hafalan dan bukan pemaknaan dan perilaku nyata. Musik dapat menawarkan media untuk pendidikan karakter bagi peserta didik. Namun demikian, pendidikan musik yang dimaksudkan adalah refleksi dan pemaknaan dan bukan sekedar menghafal notasi atau penulisan nada. Demikian paparan Karina Adistiana, M.Psi. Psikolog, penggagas dan penggiat Gerakan Peduli Musik Anak, pada Konferensi Ilmiah dan Workshop : Personality Excellence: Tackling Challenges in Contemporary Issues di Unika Atma Jaya pada Jumat, 28 Agustus 2015.

Psikolog yang juga merupakan salah satu pembimbing praktik kerja profesi di Magister Psikologi Profesi (M.Psi) Unika Atma Jaya ini juga memaparkan pentingnya untuk memilih, memilah, dan melantunkan lagu bersama anak. Orangtua penting untuk memilih musik yang ramah anak, memilah mana yang cukup sederhana dan mengajarkan nilai yang diharapkan, dan melantunkan lagu bersama anak. Di akhir paparannya, Mbak Anyi (panggilan akrab Karina Adistiana), mencontohkan sebuah musik yang diciptakan bersama suaminya, Ribut Cahyono, dan dinyanyikan bersama anak-anak di Maluku sebagai bagian untuk mengajarkan nilai-nilai perdamaian dan persaudaraan di antara pihak yang bertikai.

Anyi, merupakan salah satu mitra kerja M.Psi yang karena kepeduliaannya akan pendidikan serta pengalaman kerjanya memberi nilai tambah pada pendidikan yang menghasilkan psikolog di Atma Jaya. Pengalaman yang dibagikan selalu memperluas wawasan dan juga menginspirasi mahasiswa untuk melakukan lebih baik dalam praktik sebagai calon psikolog.

Kalender
S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29    
bottom