Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Evaluasi Kurikulum Prodi dengan Mahasiswa Tingkat Akhir

 

Jumat, 16 April 2021, Program Doktor Psikologi mengadakan evaluasi kurikulum dengan mahasiswa tingkat akhir yang saat ini telah menempuh seluruh mata kuliah dan sedang menyelesaikan penulisan disertasi. Pertemuan dipimpin oleh Dr.phil. Juliana Murniati, M.Si, selaku Ketua Program Studi, dengan melibatkan tim sekretariat dan tim penyusunan kurikulum. Pertemuan dihadiri lengkap oleh seluruh mahasiswa.

Dr. Murniati memulai pertemuan dengan menampilkan profil lulusan Program Doktor Psikologi UAJ adalah seorang sarjana paripurna yang menguasai kelimuan, keterampilan, dan metodologi penelitian dalam bidang keahliannya dan mampu mengaplikasikannya ke dalam upaya pembangunan SDM yang berkeadilan sosial dalam konteks keberagaman, lintas dan inter disiplin, dalam tingkatan mikro, meso, atau makro, untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

 

Seorang doktor lulusan prodi dapat menggunakan kewenangannya untuk berperan sebagai pengelola program pendidikan, ilmuwan psikologi, dan konsultan yang mandiri dan mampu bekerjasama dalam tim atau kelompok, adaptabel, dan tidak gamang dalam menunjukkan jati dirinya serta mempertahankan integritasnya, mampu bertindak sesuai dengan Etika Profesi Psikologi dalam dunia kerja yang terus berubah dan tuntutan hasil kerja berkualitas yang makin tinggi.

 

Evaluasi kurikulum berfokus pada penilaian mahasiswa terhadap mata-mata kuliah di Program Doktor Psikologi yang telah ditempuhnya. Adapun poin-poin pembahasannya terdiri dari 4 hal, yaitu:

  1. Kompetensi dan keterampilan yang dirasa mahasiswa telah mengalami peningkatkan setelah mengikuti kuliah di Prodi S-3 Psikologi UAJ, usulan dari para mahasiswa untuk perbaikan kurikulum mendatang, baik dari materi, metode pembelajaran, alat ukur, atau hal lainnya;
  2. Mata kuliah-mata kuliah yang menurut mahasiswa berkontribusi secara signifikan pada peingkatan kompetensi/keterampilan yang dialami mahasiswa, dengan menyebutkan mata kuliah dan kontribusinya;
  3. Mata kuliah-mata kuliah yang menurut mahasiswa kurang berkontribusi pada peningkatan kompetensi/keterampilan yang dialami mahasiswa, dengan menyebutkan mata kuliah dan kontribusinya;
  4. Usulan dari para mahasiswa untuk kurikulum mendatang, baik dalam hal materi dan metode pembelajaran, infrastruktur, dan hal lain.

 

Proses diskusi berjalan dengan interaktif dan kondusif, para mahasiswa memberikan penilaiannya secara detail mengenai keempat poin pembahasan diskusi. Pihak Prodi mendapatkan masukan yang sangat berarti dari para mahasiswa. Evaluasi dari para mahasiswa selanjutnya akan ditindaklanjuti Prodi dalam upaya perbaikan kurikulum pada tahun ini. (ND)

 

Kalender
S S R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  
bottom