Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
World Mental Health Day 2017: Millennials in The Workplace

Tanggal 10 Oktober dikenal sebagai hari peringatan kesehatan mental sedunia atau yang kerap disebut sebagai World Mental Health Day. Setiap tahun, WHO (World Health Organization) mengangkat tema khusus untuk memeringati hari tersebut. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu – isu kesehatan mental serta mengerahkan usaha sebagai dukungan terhadap kesehatan mental itu sendiri. Tahun ini, tema yang diangkat adalah kesehatan mental di tempat kerja. Latar belakang dari pemilihan tema ini adalah untuk mempromosikan pentingnya kesehatan mental serta meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

 

Sebagai bentuk partisipasi dalam World Mental Health Day, Komunitas WELCOME Fakultas Psikologi UNIKA Atma Jaya (FPUAJ) menyelanggarakan seminar World Mental Health Day dengan tema “Millenials in The Workplace”. Seminar ini diselenggarakan pada tanggal 10 Oktober yang lalu, di Aula Gedung BKS Kampus UNIKA Atma Jaya, Semanggi. Seminar dihadiri oleh pembicara yang memiliki pengalaman dalam bidang konsultasi, Human Resource, maupun maupun bidang sosial dan pendidikan. Seminar dipandu oleh MC dan Moderator dari mahasiswa dan alumni FPUAJ sendiri.

 

Seminar yang berlangsung selama 3 jam ini dibuka dengan kata sambutan dari ketua WELCOME, perwakilan fakultas, dan project leader. Selanjutnya dilanjutkan dengan permainan fun fact untuk membedakan mitos dan fakta mengenai generasi millennials. Seminar kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh pembicara pertama, yaitu Danny Irawan Yatim selaku dosen FPUAJ. Materi yang diberikan berusaha untuk menyamakan persepsi partisipan mengenai generasi millennial. Hal ini terkait dengan ciri – ciri, inovasi, serta pengaruh dan masalah yang cenderung muncul pada generasi millennial di tempat kerja. Beberapa diantaranya adalah etos kerja dan relasi antar generasi.

 

Pembicara kedua, yaitu Drs. R. Benjamin AM, M.Psi., Psikolog. atau kerap dipanggil Bung Ben selaku HR Consultant dari PT Dharma Bidadara memberikan materi mengenai isu kesehatan mental yang sering dihadapi generasi millennial di tempat kerja. Isu yang dimaksud adalah stress karena gaya hidup masa kini. Penekanan pada masalah generasi millennial ini kembali dihubungkan dengan pengaruh pola asuh orang tua pada anak. Pola asuh orang tua yang memberikan ketergantungan pada anak membuat mereka tidak mandiri. Untuk itu, penanganan yang diberikan adalah melalui keterbukaan dan komunikasi yang asertif antar staff dan atasan.

 

Berbeda dengan kedua pembicara sebelumnya pembicara ketiga, yaitu Dwi Astuti Irenaningtyas selaku Head Office dari PT Astra International TBK.lebih membicarakan mengenai bagaimana keadaan asli generasi millennial di tempat kerja. Pada dasarnya, menurut Mbak Dwi, generasi millenial ini harus melaraskan visi dan misi pribadi dengan perusahaan guna mencapai performa yang maksimal. Oleh karena itu, penting bagi generasi millennial untuk memiliki tujuan, prinsip, serta keyakinan terlebih dahulu. Pada akhirnya, seminar dilanjutkan dengan diskusi bersama serta sesi tanya – jawab, kemudian ditutup dengan pemberian plakat sebagai tanda apresiasi kepada ketiga pembicara.

 

 

 

Penulis :  Carol Baadila (2015)

Editor   : Natasha Violin (2015) & Laurentius Purbo Christianto

 
Kalender
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30  
bottom