Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Thalassemia: Pemeriksaan dan Pencegahannya.

Sabtu, 26 Februari 2022. Program Studi Magister Biomedik Unika Atma Jaya telah mengadakan seminar online dengan topik mengenai Thalassemia: Pemeriksaan dan Pencegahannya.

Thalassemia dikenal sebagai kasus kelainan darah pada seseorang yang disebabkan oleh faktor genetika. Kelainan darah ini menyebabkan protein hemoglobin di dalam sel darah merah tidak dapat berfungsi seperti seharusnya. Pertanyaan mengenai bagaimana mendeteksi Thalassemia serta langkah pencegahannya dibahas semua dalam seminar online pada hari ini.

Seminar ini dihadiri oleh 2 (dua) orang narasumber yang ahli di bidangnya, diantaranya:
.
1. Dr. Ita Margaretha Nainggolan, S.Si., M.Biomed. yang membahas topik mengenai Analisis Genetik Thalassemia, Prosedur dan Manfaatnya Pada sesi ini didiskusikan mengenai berbagai pemeriksaan untuk memastikan diagnosis Thalassemia. Berbagai modalitas pemeriksaan tersebut memastikan jenis Thalassemia serta persiapan pemeriksaan yang perlu dilakukan.
.
2. dr. Edhyana K. Sahiratmadja, Ph.D. yang membahas topik mengenai Screening Thalasemia Minor Pada sesi ini didiskusikan pemeriksaan penapisan yang relatif sederhana dan mudah dilakukan di berbagai daerah sebagai pemeriksaan penapis, sebelum dilanjutkan dengan pemeriksaan diagnosis untuk memastikan bila terdapat kecurigaan.

Adapun yang menjadi moderator dalam seminar online ini adalah Maria M.M. Kaisar, Ph.D.

Seminar online ini dihadiri oleh 105 peserta dari berbagai kalangan, diantaranya dosen, karyawan dan mahasiswa kedokteran.

 

Kalender
S S R K J S M
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31
bottom