Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Berita Fakultas/ Prodi Magister Ilmu Hukum

Berita dan Kegiatan Kampus:

I.       Berita Fakultas/Prodi Magister Ilmu Hukum

 

  1. Kerjasama Magister Ilmu Hukum

 

Nama Instansi

Jenis Kegiatan

Kurun Waktu Kerjasama

Hasil Kerjasama

Mulai

Berakhir

01.

Franseda Foundation – University of Tilburg Netherland

Pertukaran Mahasiswa dan Kerjasama Penelitian

2014

2015

Dua mahasiswa Magister Hukum UAJ mendapat beasiswa untuk melakukan riset thesis di University of Tilburg Netherland (satu orang di tahun 2014 dan satu orang di tahun 2015); satu orang mahasiswa dari Tilburg University sit-in pada kelas Metodology Penelitian Hukum, Semester Genap 2014/2015.

02.

Schinder Law Firm (sebuah Law Firm berjaringan internasional yang mempunyai kantor di Shanghai, Beijing, Singapore dan Jakarta, yang mempunyai tujuan, salah satunya, menjadi jembatan bagi Pengusaha China dan Singapore untuk mengenal Hukum Investasi di Indonesia)

Kerjasama Penelitian dan Pengabdian Masyarakat; tanggal 28 November 2014 telah diselenggarakan International Seminar on Foreign Direct Investment of Smelter Development in Indonesia, yang dihadiri oleh sekitar 150 pebisnis dari China, perwakilan pejabat dari BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal), dan Kementerian Perindustrian.

2014

2015

Magister Hukum UAJ semakin dikenal di kalangan pebisnis dari China dan Singapore dan dapat menjadi tempat belajar hukum investasi /hukum penanaman modal bagi pebisnis dari China dan Singapore tersebut.

03.

Radio Republik Indonesia (RRI – Pro 3)

Penyelenggaraan Konsultasi Hukum sekali dalam setiap satu minggu dengan nara sumber dosen-dosen Magister Hukum; tema konsultasi adalah tentang masalah-masalah hukum aktual yang terjadi di masyarakat, misalnya masalah investasi, tenaga kerja, aspek pidana dari investasi dan ketenagakerjaan, dll.

2013

2015

Publik (khususnya di luar Jabodetabek) semakin mengenal tentang keberadaan Prodi Magister Hukum; hal ini antara lain terbukti dari jumlah SMS yang masuk atau pertanyaan langsung dari pendengar Radio Pro-3 RRI kepada narasumber.

04.

PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) Republik Indonesia.

Penyelenggaraan Kuliah Umum Pembuka Semester Genap 2014/2015 oleh Kepala PPATK, yang telah terselenggara pada tanggal 31.01.2015, dan penyediaan (dosen) tamu dari kalangan praktisi.

2014

-

MH UAJ dibantu oleh PPATK untuk mendapatkan (dosen) tamu dari kalangan praktisi di bidang analisis dan transaksi keuangan; hal ini terkait dengan (rencana) pembukaan konsentrasi/peminatan baru yaitu Hukum Pidana Ekonomi  pada semester Ganjil 2015/2016.

 

Sebagai bagian integral dari Unika Atma Jaya Jakarta, Prodi Magister Ilmu Hukum mempunyai kesempatan yang luas untuk mengembangkan kerjasama internasional lainnya, terutama dengan lembaga-lembaga luar negeri yang telah menjalin kerjasama dengan Unika Atma Jaya melalui KUI Atma Jaya (Kantor Urusan Internasional Unika Atma Jaya). Beberapa lembaga internasional tersebut diantaranya adalah: Australian Catholiq University, the University of Queensland, University of Rodhe Island – USA, Radboud Universiteit Nijmegen – Netherland, Kanda University of International Studies – Japan, Universiteit Regensberg – Germany, KAAD (Katolisher Akademischer Auslaender Dienst) – Germany, Catholic University of Korea – Korea, Chung Yuan Christian University of Taiwan – Taiwan.

 

  1. Penyelenggaraan Guest Lecture (Kuliah Tamu) dan International Seminar

 

2.1.Kuliah Tamu (Guest Lecture) Prof Abu Bakar Munir, dosen Faculty of Law, University of Malaya,

 

Kuala Lumpur - Malaysia

 

  

Bulan Oktober 2014 Prodi Magister Hukum Unika Atma Jaya menerima tamu dari University of Malaya, Kuala Lumpur – Malaysia yaitu Prof. Abu Bakar Munir, seorang ahli hukum di bidang Cyber Law. Kedatangan Prof. Abu Bakar Munir ke Prodi Magister Hukum UAJ adalah untuk menjajagi kemungkinan kerjasama antara Faculty of Law, University of Malaya – Kuala Lumpur dan Prodi Magister Hukum Unika Atma Jaya Jakarta. Dalam pertemuan antara Prof. Abu Bakar Munir dengan Pimpinan Prodi Magister Hukum UAJ disepakati bahwa kunjungan tersebut akan ditindak-lanjuti dengan kunjungan Dekan dan Wakil Dekan Bidang Kerjasama Faculty of Law University of Malaya ke Pimpinan Fakultas Hukum Unika Atma Jaya, yang dijadwalkan pada awal tahun 2015.

 

Kunjungan tersebut dimanfaatkan oleh Prodi Magister Hukum UAJ untuk memberikan kesempatan kepada Prof. Abu Bakar Munir guna memberikan Guest Lecture (Kuliah Tamu) kepada para mahasiswa dengan tema Cyber Law dan kaitannya dengan aspek hukum Lainnya. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen Prodi Magister Hukum UAJ, yaitu ibu Valerie Selfie, SH.,LL.,M.,Ph.D dan bapak Prof. Dr. IBR. Supancana, SH.,MH.

 2.2.Kuliah Tamu (Guest Lecture) Prof Sandeep Gopalan, Dean of School of Law of University of Newcastle, Australia

 

 

Bulan November 2014 Prodi Magister Hukum Unika Atma Jaya kedatangan tamu dari Dean of School of Law of University of Newcastle Australia, Prof. Sandeep Gopalan dalam rangka penjajagan kerjasama antara Prodi Magister Hukum UAJ dan School of Law of University of Newcastle Australia.

 

Kunjungan tersebut dimanfaatkan oleh Prodi Magister Hukum UAJ guna memberikan kesempatan kepada Prof. Sandeep Gopalan untuk memberikan Guest Lecture (Kuliah Tamu) kepada para mahasiswa Prodi Magister Hukum UAJ dengan tema “Online Dispute Setlement on Bisnis Transaction”.  Inti dari Kuliah Tamu tersebut adalah memperkenalkan perkembangan hukum baru di bidang penyelesaian sengketa bisnis secara on-line melalui penyelesian perkara di luar pengadilan, yang sangat relevan dengan konsentrasi/peminatan Hukum Perdagangan Internasional,  Hukum Perbankan dan Penanaman Modal.

  

2.3.International Seminar on Foreign Direct Invesment

 

 

 

Tanggal 28.11.2014 Prodi Magister Hukum Unika Atma Jaya bekerjasama dengan Schinder Law Firm (sebuah Law Firm bertaraf internasional yang berkantor di Shanghai, Beijing, Singapore dan Jakarta) menyelenggarakan kegiatan International Seminar on Foreign Direct Investment of Smelter Development in Indonesia. Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor IV Unika Atma Jaya (ibu Lina Salim, Ph.D) diikuti oleh sekitar 150 pebisnis dari China yang tertarik untuk melakukan investasi di bidang pembangunan Smelter di Indonesia.

 

Dalam kegiatan ini, hadir pula perwakilan pejabat dari BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia) dan salah satu Dirjen pada Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Komunikasi dalam kegiatan tersebut berlangsung dalam 3 (tiga) bahasa, yaitu bahasa China/Mandarin, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat dari Prodi Magister Hukum UAJ, yaitu menjadi jembatan untuk terjadinya dialog langsung antara perwakilan pemerintah dengan kaum bisnis di Indonesia.

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30  
bottom