Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
DIGITAL MEDIA WORKSHOP

Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (FIABIKOM) Unika Atma Jaya, bekerja sama dengan University of Lousiana at Lafayette USA dan Maine Maritime Academy, USA menyelenggarakan Digital Media Workshop. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 4 Juli 2019 di Gedung Yustinus lantai 14 Unika Atma Jaya.

 

Topik yang dipelajari dalam kegiatan lokakarya ini adalah bagaimana menggunakan aplikasi survey 123 dan Photo-voice untuk melakukan penelitian partisipatif. Jika pada penggunaan metode survai biasa, responden hanya berindak secara pasif dalam mengisi jawaban-jawaban yang ditanyakan dalam suatu kuesioner, sebaliknya dalam metode yang mengunakan aplikasi photo voice ini, respnden penelitian dapat secara aktif mengungkapkan pendapatnya lewat sarana fotografi.

 

Dalam metode penelitian ini, responden diminta untuk memotret suatu obyek tertentu, kemudian obyek itu diberi narasi oleh responden dan foto serta narasi yang ditulis oleh responden tersebut kemuadian dikirimkan secara langsung kepada peneliti. Kecanggihan teknologi digital, telah banyak membantu metode penelitian ini, sehingga penelitian dapat dilakukan secara lebih cepat. Penelitian kualitatif yang biasanya memakan banyak waktu, bisa dipersingkat dengan menggunakan metode ini.

Adapun pakar yang menjadi fasilitator dalam penelitian ini adalah Dr. Ignatius Cahyanto dari University of Louisiana at Lafayette, USA. Beliau adalah seorang pakar di bidang pariwisata yang telah beberapa kali menggunakan metode ini untuk kegiatan penelitiannya. Saat ini beliau sangat aktif menelti tentang dampak bencana terhadap pekembangan sektor pariwisata. Fasilitator kedua adalah Dr. Aaron Kingsbury yang berasal dari Maine Maritime Academy, beliau seorang ahli geografi yang banyak melakukan riset di daerah pedesaan di Asia.

 

Peserta dari kegiatan ini cukup beragam, berasal dari berbagai universitas di Indonesia yang hadir untuk memahami metode penelitian yang baru ini. Semoga metode penelitian ini semakin berkembang di Indonesia dan mampu merangsang munculnya berbagai ragam topic penelitia baru. Dengan menggunakan teknologi, maka penelitian dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. (Eko Widodo)

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30  
bottom