Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Seminar oleh Craig Hobbs - World Bank

Seminar  

The Importance of Multi-Sector Cooperation in achieveing Sustainable Development.

Seminar ini dibawakan oleh Craig Hobbs (World Bank, Advisory Board Menber Indonesia Global Compact Network). Tema dari seminar adalah The Importance of Multi-Sector Cooperation in achieveing Sustainable Development. Sub tema yang dibahas didalam seminar adalah Why partnership and engagement of all 3 sectors (Public Sector-Private Sector-Civil Society) is imperative for sustainability and success in any 1 of those sectors.

Peserta yang mengikuti seminar ini adalah mahasiswa S1 dan S2 khususnya yang mengambil mata kuliah Manajemen Berkelanjutan. Seminar diadakan di Gedung B lantai 7 Unika Atma Jaya Jakarta. Kegiatan seminar ini dibuka oleh Kaprodi Magister Manajemen Dr.Endang Sulistyaningsih.,M.Sc.

 

Materi Seminar:

World Bank adalah lembaga keuangan internasional yang menyediakan pinjaman kepada negara berkembang untuk program pemberian modal. World bank bisa dikatakan sebagai support dalam keuangan. Tujuan dari world bank adalah pengurangan kemiskinan. Pengenalan pertama adalah C4C yaitu Connect 4 Climate. C4C adalah sebuah program kemitraan global yang diluncurkan oleh world bank. C4C memilik tujuan yaitu melibatkan pada isu iklim dan bagaimana bisa mencapai keberlanjutan di masa depan, meningkatkan kesadaran iklim dan membuat komitmen untuk melakukan sebuah tindakan dan membangun partnership.  Langkah actionnya adalah perlu menghubungkan dan memperkuat perubahan iklim global dan local, melibatkan private sector dengan inovasi dan kreativitas, memanfaatkan potensi dari para yang berpengaruh sebagai perubahan sosial yang kuat, mendorong perusahaan untuk berinovasi dan menanggapi permintaan untuk produk dan layanan yang berkelanjutan, menginspirasi warga untuk menciptakan lingkungan baik dan terakhir mendukung keterlibatan langsung WBG dengan pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan.

 
Ada beberapa tokoh yaitu Greta Thunber (Swedish Student and Climate Activist) berusia 16 tahun. Greta Thunber adalah seorang politik Swedia yang bekerja untuk menghentikan pemanasan global dan perubahan iklim. Greta mengatakan “Dia tidak menginginkan harapan tetapi tindakan yang utama”. António Guterres (UN Secretary-General) mengatakan “Jika kita tidak mengubah apapun, pada tahun 2020 kita berisiko kehilangan titik di mana kita dapat menghindari perubahan iklim yang tak terkendali”
Multi Sector Partnership
·       Public Sector : Multi lateral institusi (World Bank)
·       Private Sector : Industri kecil, sedang, enterprenuer. Menghasilkan produk yang berkelanjutan untuk konsumen atau masyarakat
·       Civil Society : NGO, asosiasi, perusahaan non profit, citizens, UNION

 

The material ekonomi :

-        Extraction = Ekstraksi (Business – Private-Sector)

-        Production = Produksi (Business – Private-Sector)

-        Distribution = Distribusi (Government – Public Sector). Ini adalah transportasi

-        Consumption = Konsumsi (Consumers/Citizens – Civil Society)

-        Disposal = Pembuangan (Consumers/Citizens – Civil Society)

 

Contoh Multi Sector Partnership adalah

-        Eco Bali : focus menjual plastic dan kertas (yang didaur ulang) dimana eco bali termasuk public sector tapi juga civil society

-        Grab atau gojek merupakan transportasi online. Mereka merupakan bisnis yang inovatif dan mengikuti perkembangan teknologi yang ada untuk supaya keberlanjutan

 

Kesimpulan seminar:

 

Salah satu cara menjaga keberlanjutan adalah dengan melakukan tindakan recycle. Cobtoh recycle yang dapat dilakukan misalnya dengan melakukan daur  ulang pada kemasan plastic yang hampir setiap hari digunakan untuk mengkonsumsi air, tidak hanya bisa menggunakan tapi bisa berpikir bagaimana supaya kemasan plastic yang digunakan dapat diolah menjadi hal lain yang juga berguna, karena dengan melakukan recycle hal tersebut sangat berpengaruh kepada keberlanjutan lingkungan. Benang merah yang saya dapat dari seminar ini adalah kalau kita tidak tidak mengubah apapun, maka pada tahun 2020 kita akan berisiko kehilangan titik di mana kita dapat menghindari perubahan iklim yang tak terkendali. Maka lakukanlah mulai dari diri sendiri, jangan mengharapkan lingkungan, pemerintah bahkan perusahaan untuk melakukan tindakan recycle yang membangun keberkelanjutan. Melakukan gabungan multi sector partnership antara private sector, public sector dan civil society agar keberlanjutan dapat dijalankan dengan baik.

 

 

 

 

 

 

 

Kalender
S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31
bottom