Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Seminar Nasional APMMI Kurikulum 4.0 Standirisasi vs Diferensiasi

Seminar Nasional APMMI (Asosiasi Magister Manajemen Seluruh Indonesia)

Kurikulum 4.0 Standirisasi VS Diferensiasi

 

 

Dalam rangka perbaikan kurikulum Prodi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, maka sebagai usaha untuk memulai perbaikan kurikulum, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah mengikuti kegiatan Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh APMMI. Seminar nasional dan workshop yang diselenggarakan oleh APMMI memiliki tema ‘Kurikulum 4.0: Standarisasi dan Diferensiasi”.

               Kegiatan dilakukan selama 2 hari di kampus Salemba UI tanggal 24 dan 25 Juli 2019. Dalam kegiatan Seminar dan Workshop Nasional ini materi yang diberikan adalah sebagai berikut:

  1. Desain kurikulum Manajemen/Bisnis yang selaras dengan  Standar Akreditasi Internasional Yang Terkemuka
  2. Kurikulum dalam Pengajuan Akreditasi Nasional
  3. Kurikulum Manajemen 4.0

 

               Salah satu materi seminar yang diberikan adalah tentang Issue And Challenges To Developing Curriculum For Business School, pada materi ini hal yang disampaiakan adalah mengenai apa rencana kurikulum yang akan dirancang menuju pada AACSB International.Salah satu yang harus disiapkan adalah melakukan pendekatan multidisiplin dari berbagai bidang ilmu, tujuaannya adalah untuk bersama-sama memajukan sekolah bisnis yang ada di Indonesia. Solusi yang dapat ditawarkan tidak hanya didasarkan pada ilmu tertentu saja tetapi dari berbagai bidang ilmu yang ada yang sejalan dengan sekolah bisnis. Indikator keberhasilan dari sekolah bisnis tidak lagi dalam bentuk yang sama atau seragam tetapi mulai didorong dengan adanya diversity, dengan semakin banyaknya segmentasi yang dimiliki oleh sekolash bisnis maka akan memungkinkan semakin banyaknya model organisasi yang akan muncul di dalam sekolah bisnis. Issue yang lain untuk mengembangkan sekolah bisnis adalah menciptakan sebuah nilai, yang terpentind disini adalah misinya apa. Kurikulum muncul didorong dari misi yang dimilikinya. Desain kurikulum yang dibuat harus memperhatikan 4 hal berikut yaitu: Purpose, Mission, Architecture dan Content, adapun hal penting yang perlu dikaji dalam kurikulum adalah melakukan adaptasi pada konten atau pada karakternya.

               Materi lain yang juga sangat berguna adalah materi tentang Curriculum Management: Mission-Driven amd Outcome Based Curiculum. Salah satu yang dibahas adalah mengenai The Role Of Mission in Curiculum Development and Learning Process, yang dimulai dari Mission, Vision, Values yang menggambarkan dari profil lulusan sehingga dapat menghasilkan learning outcome yang diharapkan dari bahan ajar yanh dibuat, untuk kemudian mengetahui impactnya bagi mahasiswa ketika mereka telah selesai mengambil mata kuliah tertentu.

               Kegiatan hari kedua adalah diskusi terkait dengan kurikulum, dan terkait dengan publikasi mahasiswa serta kunjungan ke kementrian Dikti untuk memutuskan bagaimana program studi MM di masa yang akan dating. Terkait dengan status MM di masa yang akan dating masih didiskusilkan dengan APMMI dan Dikti, anggota Asosiasi masih menunggu keputusan.

 

Kalender
S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31
bottom