Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Jalankan Kurikulum Kampus Merdeka Akuntansi Atma Jaya siapkan SDM 4.0

 

Sebuah tulisan dari laman resmi QS World University ranking, lembaga pemeringkatan dunia awal  2020 lalu menuliskan bahwa program studi akuntansi merupakan jurusan yang paling banyak dicari tahun ini.  Pengelolaan keuangan adalah kebutuhan semua jenis usaha baik dari skala kecil menengah hingga multinasional.  Sebagai salah satu modal perusahaan, perancangan dan pengelolaan keuangan yang baik menjadi kunci bagi keberlangsungan usaha.

 

Relevansi Akuntansi dan Industri 4.0

 

Memasuki era industri 4.0, kemajuan teknologi komunikasi dan informasi membawa perubahan pada karir dan kebutuhan industri di masa depan.   Disrupsi teknologi, sharing economy, keterbatasan sumber daya alam, perubahan peta politik dan pengolahan data menjadi tantangan sekaligus peluang cara orang bekerja dan membangun karier di masa depan.

 

Saat kecerdasan buatan (artificial intelligence) diperkirakan akan mengambil alih sebagai peran manusia dalam menyelesaikan pekerjaan tidak sedikit yang menanyakan bagaimana masa depan karir beberapa profesi salah satunya profesi akuntan.

 

Kepala program studi akuntansi “Dr.Petrus Ridaryanto, CA., CPA, CPI. mengatakan”kemajuan teknologi harus disikapi sebagai tantangan bagi kita untuk menjadi lebih maju dan lebih baik.  Kemajuan teknologi misalnya software pada bidang akuntansi dan keuangan serta kehadiran kecerdasan buatan tidak membuat profesi akuntansi menjadi hilang, karena pekerjaan pada bidang ini selalu dibutuhkan pada semua industri.   Yang menjadi menjadi tantangan dan peluang adalah menjadi akuntan yang kemampuannya tidak dapat digantikan oleh software dan kecerdasan buatan, ini menjadi concern kami,” ujarnya.

 

Program studi akuntansi di Unika Atma Jaya Jakarta saat ini memiliki enam peminatan yaitu sistem informasi akuntansi, pengauditan, akuntansi manajemen, perpajakan, akuntansi dan keuangan pasar modal dan akuntansi keuangan.  Enam peminatan ini sudah melihat pada apa yang menjadi kebutuhan industri terkait kompetensi SDM seorang akuntan.

 

“Merespon industri 4.0 kami berupaya membekali mahasiswa kami dengan tools yang membuat mereka mampu mendesain sistem accounting berdasarkan kemampuan membaca big data.  Kemampuan membaca data sebagai dasar merancang sistem akuntansi inilah yang akan menjadi modal bagi mereka. Selain itu dengan kompetensi mampu merancang sistem akuntansi, lulusan prodi akuntansi Unika Atma Jaya sudah memiliki kompetensi setara auditor junior saat mereka lulus nanti.  Yang paling utama kami berupaya untuk selalu mengevaluasi kurikulum kami untuk selalu relevan bagi industri di masa depan,” ujar Dr.Petrus Ridaryanto, CA., CPA, CPI.

 

Kurikulum Kampus Merdeka dan Blended Learning

 

Kurikulum kampus merdeka merupakan kebijakan yang digulirkan oleh pemerintah melalui kemendibud.  Salah satu poin kebijakannya adalah pembebasan SKS mahasiswa sebanyak tiga semester dari total delapan semester program S1.  Jumlah SKS yang diambil dapat diperoleh melalui magang, riset, pengabdian kepada masyarakat dan lainnya.   Unika Atma Jaya telah siap dengan program magang yang mendukung kampus merdeka yang tujuannya untuk mendukung kesiapan SDM Indonesia di masa depan.   "Kurikulum yang kami terapkan untuk menjawab Kampus Merdeka adalah menyediakan pilihan program magang bagi mahasiswa yaitu proyek riset, social engagement program seperti KKN dan pemberdayaan masyarakat," ujar Rektor Unika Atma Jaya Jakarta Dr. Agustinus Prasetyantoko.   Bukan hanya menyediakan daftar perusahaan, lembaga, kampus dalam negeri dan kampus luar negeri sebagai tujuan magang mahasiswa, tetapi Unika Atma Jaya juga melakukan verifikasi dan memantau mahasiswa di tempat mereka magang.

 

"Unika Atma Jaya Jakarta saat ini telah menjalin jejaring dengan lebih dari 80 kerja sama aktif dengan perguruan tinggi luar negeri di lima benua, 18 mitra perguruan tinggi dalam negeri yang tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik (APTIK) dan lembaga nasional serta internasional," imbuh Dr. Agustinus.

 

Program magang sendiri bukan hanya mengasah kemampuan secara profesi tetapi juga mengasah kemampuan soft skill yang tidak dimiliki oleh kecerdasan buatan seperti leadership, teamwork, communication skill, decision making dan tangguh dalam menghadapi tantangan.

 

Unika Atma Jaya Jakarta sudah lama menjadi mitra kerja sama dari empat perusahaan besar akuntan publik di Indonesia yaitu KPMG, PWC, Deloitte dan Ernst and Young.  Keempat perusahaan ini adalah perusahaan global yang menjadikan mahasiswa lulusan program studi akuntansi Unika Atma Jaya Jakarta sebagai salah satu future talent mereka.

 

Selain itu Unika Atma Jaya juga memiliki program pendidikan profesi akuntansi dan magister akuntansi yang memiliki dengan jejaring asosiasi profesi dan sertifikasi profesi baik nasional dan internasional.  Ekosistem akademik ini merupakan daya dorong bagi mahasiswa untuk punya bekal lebih dalam mempersiapkan masa depannya.

 

Dari segi metode perkuliahan Unika Atma Jaya saat ini telah menerapkan blended learning khususnya menyikapi masa pandemi ini.   Kuliah blended learning artinya lima puluh perseh kuliah dilakukan secara tatap muka dan lima puluh persen secara online.

 

Program pembelajaran daring sendiri sudah jauh disiapkan sebelum pandemi ini.  “Kami memiliki kerja sama ekslusif dengan Microsoft.  Semua mahasiswa, dosen dan tenaga Pendidikan memiliki fasilitas office365 gratis yang dapat mereka unduh pada tiga gawai mereka yaitu telepon seluler, laptop dan tablet,” ujar Rektor Unika Atma Jaya.  Bukan hanya platform belajar online, tetapi akses ke perpustakaan dan jurnal online internasional dan bantuan aplikasi menulis Bahasa Inggris, Grammarly dapat mahasiswa akses dari mana saja.

 

Microsoft teams bukan satu-satunya fasilitas belajar daring  yang dimiliki oleh Unika Atma Jaya.   Ada pilihan metode lain bagi dosen dan mahasiswa dalam melakukan pembelajaran online seperti Learning management system model (LMS) Moodle, AtmaZeds dan PANOPTO.  PANOPTO suatu platform untuk streaming atau untuk recording video teaching sekaligus juga untuk menggunakan bersamaan dengan presentasi slides ataupun resources lainnya secara daring. Atmazeds merupakan platform pembelajaran massive open online courses (MOOC) yang dapat diakses bukan hanya oleh mahasiswa UAJ bahkan oleh masyarakat umum. Bahkan platform ini sudah dalam format mobile application.

 

Saat ini sudah tersedia lima lima puluh progam online courses terkait data science, Internet of Things (IOT), Artificial Intellegence, Ilmu Kedokteran, Psikologi terkait anak berkebutuhan khusus, Ekonomi dan Komunikasi Sains Fakultas Teknobiologi.    Program Atmazeds didukung oleh Microsoft dan Partners: Unzypt dan Cloudswyft. Di dalamnya termasuk tersedianya virtual lab bagi mahasiswa SI yang mengambil data science. "platfom Ini sebagai komitmen kami dalam mengembangkan future skills bagi mahasiswa dan komunitas," ujar Rektor Unika Atma Jaya, Dr. A.Prasetyantoko.

 

Di masa kenormalan baru ini adopsi teknologi pada bidang pendidikan menjadi sebuah kemutlakan dan ini sekaligus ekosistem digital yang telah disiapkan oleh Unika Atma Jaya Jakarta untuk menjadi terus relevan.

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30  
bottom