Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Tips dan Trik Calon Mahasiswa Baru untuk Menghadapi Tes Potensial Akademik

Gambar Ilustrasi 1 (Sumber: google.com)

 

 

Setiap universitas pasti memiliki penyelenggaraan Tes Potensial Akademik bagi Calon Mahasiswa Baru nya. Apasih Tes Potensial Akademik atau yang sering juga disebut TPA itu?

 

TPA merupakan tes yang dilakukan oleh para psikolog dan dibuat khusus oleh mereka yang ahli dan mengerti akan tes yang juga dapat disebut alat ukur. Tes ini juga sudah terstandar dan valid dengan memiliki tujuan yang jelas. Tujuan yang jelas akan TPA ini adalah mengukur sejauh mana kapasitas individu-individu atau partisipan ini dalam tingkatan akademik. Pada TPA ini, terdapat banyak macam item-item (soal) tes yang beragam seperti contohnya tes angka, verbal, figural dan sebagainya. Macam-macam item tersebut memiliki tujuannya masing-masing dalam hasil pengukurannya.

 

Tidak perlu cemas, tentunya terdapat tips dan trik bagi calon mahasiswa baru yang hendak menghadapi Tes Potensial Akademik ini :

 

1. Belajar

Meskipun memang item-item (soal) TPA nantinya akan sangat berbeda dengan soal-soal yang dihadapi anak SMA biasanya, jangan meremehkan persiapan belajar. Karena kapasitas kognitif tidak bisa ditingkatkan secara rapid. Perlu adanya pemahaman serta mengetahui caranya mengaplikasikan dan baru mulai terbiasa atau bisa dikatakan ahli.

 

Gambar Ilustrasi 2 (Sumber: google.com)

 

2. Jangan cemas

Bagi psikolog, ini merupakan hal terpenting. Karena didalam diri individu atau partisipan ini sudah memiliki kapasitas kognitifnya secara alami. Jika kondisi emosional seperti cemas, badmood, sedih, emosi atau marah maka akan sangat mempengaruhi. So, lebih baik luangkan beberapa hari sebelum menghadapi TPA untuk melakukan hal yang membuat diri senang dan bersemangat.

 

3. Kondisi fisik

Jaga kondisi badan tetap sehat agar dalam mempersiapkan serta mengerjakan TPA menjadi lebih fokus.

 

4. Motivasi

Last but not least! Ini juga penting karena dorongan motivasi dan niat dari dalam diri sendiri itu sangat mumpuni. Dengan ini maka akan tercipta semangat tersendiri dalam mengerjakan item-item (soal) pada TPA tersebut  dan juga pasti mempengaruhi hasil yang akan didapatkan. (AL)

 

Narasumber :

Indro Adinugroho, S.Psi, M.Si

 Bagian Pengukuran Psikologis

Kalender
S S R K J S M
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31
bottom