Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
SILVER: Komitmen Misi Kemanusiaan Unika Atma Jaya

Jakarta, 3 September 2019 -- Unika Atma Jaya bersama dengan United Nations High Commission for Refugees (UNHCR) dan International Labor Organization (ILO) terus berkolaborasi untuk membantu para pengungsi yang datang dari beberapa negara bersengketa yang memilih untuk mencapi suaka di Jakarta. Melalui berbagai program pelatihan, Unika Atma Jaya berusaha untuk membekali mereka dengan berbagai kemampuan yang nantinya diharapkan dapat memperbaiki kualitas hidup mereka.

 

Seremonial pemukulan gong oleh Herman Yosef Sutarno (2/9)

 

Pada Senin (2/9) di Kampus 1 Semanggi, Unika Atma Jaya meluncurkan program Self-Improvement Lesson, Vocational Education for Refugees (SILVER), sebuah program pembimbingan untuk mempersiapkan para pengungsi dengan pengetahuan kewirausahaan dan kemampuan untuk dapat bersosialisasi dengan masyarakat dimanapun mereka akan menetap.

 

Herman Yosef Sutarno, Koordinator program SILVER, merasa bahwa para pengungsi yang kebanyakan masih dalam rentang usia muda ini perlu diberikan aktifitas positif agar setidaknya menjadi anggota masyarakat yang produktif dan siap untuk tinggal ditengah komunitas yang beragam.

 

“Kita akan memberikan pendekatan-pendekatan bagaimana soal bagaimana hidup bermasyarakat lalu bagaimana juga kita bisa besosialisasi dengan orang-ornag yang multikultur, budaya berbeda, perilakunya berbeda dalam situasi krisis,” kata Tarno

 

Lebih lanjut, Tarno menekankan bahwa tentu tidak mungkin untuk merubah banyak hal. Hanya saja melalui pelatihan ini dapat menstimulasi ide-ide kreatif untuk aksi sosial khususnya dalam konteks pengungsi.

 

 

Elisabeth Rukmini dalam peluncuran kegiatan Self-Improvement Lesson, Vocational Education for Refugees (SILVER) (2/9) di Kampus 1 Semanggi Unika Atma Jaya

 

Kini sudah satu tahun sejak Unika Atma Jaya membuka diri untuk menolong para pengungsi ini, menurut Elisabeth Rukmini (Wakil Rektor 4 Unika Atma Jaya), ini merupakan komitmen nyata misi kemanusiaan Unika Atma Jaya yang selaras dengan visi, misi dan nilai Atma Jaya. Lebih lanjut ia berkata bahwa ini aksi nyata social responsibility Unika Atma Jaya untuk membantu sekelompok kecil pengungsi. Ia berharap agar para peserta dapat dapat memanen sebanyak mungkin kebaikan dari kesempatan yang diberikan.

 

“Ini merupakan bagian dari social responsibility. Suatu hal yang dapat dapat kita lakukan dengan skala kecil. Mungkin akan berpengaruh walaupun tidak besar tapi setidaknya mempertahankan kualitas hidup yang baik untuk kelompok kecil itu,” tuturnya.

 

Program ini melibatkan lima fakultas di Unika Atma Jaya, antara lain: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi dan Fakultas Ilmu Adm. Bisnis dan Ilmu Komunikasi. Dalam pelaksanaannya, SILVER akan melibatan seluruh lapisan sivitas akademika Unika Atma Jaya, termasuk alumni, mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan. (HCR)

 

Foto bersama seusai acara

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30  
bottom