Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Presentation Day Polish Language Course

Jakarta, 11 Juli 2019—Polish Language Course (Kelas Bahasa Polandia) yang diselenggarakan di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya pada Senin (8/7) lalu mengadakan Presentation Day. Kegiatan ini merupakan puncak acara dari program yang dimulai pada September 2018 lalu sebelum para peserta mengikuti ujian akhir dalam minggu selanjutnya.

 

 

Pada Presentation Day, para peserta yang terbagi dalam kelas tingkat pemula, menengah dan lanjutan, menunjukkan kebolehannya dalam berbicara dan bernyanyi dalam Bahasa Polandia. Beberapa dari mereka terlihat terlihat fasih ketika menuturkan Bahasa dari negara di Eropa Tengah ini, beberapa diantara masih terlihat sedikit terbata namun masih dengan percaya diri menunjukkan kebolehan mereka.

 

 

Lucyna Boryczko, seorang penutur asli dan guru kelas Bahasa Polandia ini, terlihat bangga ketika mengenalkan murid-muridnya dan menjelaskan kemampuan kompetensi mereka. Boryczko mengakui bahwa memang tidak mudah bagi penutur asing untuk mempelajari Bahasa Polandia, tapi dengan konsistensi dan ketekunan tidak mungkin tak bisa dikuasai, “Teaching was very good. It was just great. I really enjoy teaching those people because they are very engage. So, what happen today is only because they liked it.”

 

Ketika ditanya apa harapannya bagi para peserta, Boryczko berharap agar mereka sukses di masa depan, “I hope they continue, but also I hope they could somehow use it in the future and I know some of them plan to do so, and I hope they succeed with that,” kata Lucyna Boryczko.

 

Lucyna Boryczko dalam Presentation Day (8/7)

 

 

Duta Besar Polandia, H.E Mrs. Beata Stoczynska, yang hadir dalam kesempatan itu, dalam sambutannya mengapresiasi hasil kolaborasi antara Unika Atma Jaya dan Polandia ini. Menurutnya, kedua pihak melakukan kerjasama yang baik sehingga mampu menghimpun reaksi yang begitu positif dari para penggiat bahasa dan budaya Polandia,

 

"I‘m very glad we can keep this cooperation with Atma Jaya University, and I‘m glad that the course engaged so many students not only in the regular course but also at the weekend," kata H.E. Mrs. Stoczynska.

 

Kedepannya beliau berharap agar hubungan baik yang sejak lama dijalin antara Unika Atma Jaya dan Polandia akan terus berlanjut. Dia berkata bahwa Polandia amat terbuka bagi mahasiswa Unika Atma Jaya yang ingin melanjutkan studi ke Polandia, baik kuliah dalam Bahasa Inggris atau Inggris, dan tentu berbagai pilihan beasiswa yang dapat dipilih oleh mahasiswa.

 

 

Potret Duta Besar Polandia, H.E Mrs. Beata Stoczynska (kiri), dan Elisabeth Rukmini, S.Si, M.Sc., Ph.D., Wakil Rektor IV Unika Atma Jaya (kanan)

 

 

Seperti yang diketahui bersamam, program ini merupakan kolaborasi bersama antara Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Ministry of Science and Higher Education of the Republic of Poland, Poland Ministry of Education dan Poland Embassy in Indonesia. Sebetulnya ini merupakan kali kedua kelas Bahasa Polandia dilangsungkan di Unika Atma Jaya, hanya sebelumnya kolaborasi ini turut menggandeng Universitas Indonesia sebagai salah satu Universitas mitra tempat kelas Bahasa Polandia dilangsungkan.

 

Salah satu peserta menunjukkan kebolehannya dengan bernyanyi dalam bahasa polandia

 

Kecerian para peserta terasa makin lengkap tatkala Duta Besar Polandia sendiri memberikan kejutan berupa hadiah kepada para peserta Kelas Bahasa Polandia. Ditemui pada sesi wawancara, peserta kelas Bahasa Polandia tingkat lanjut yang sudah menggumuli Bahasa Polandia sejak 2015 dan telah dua kali mengikuti program ini, mengakui bahwa mereka menemukan kenikmatan tersendiri dalam sulitnya memahami bahasa ini. Mereka adalah Ayu, Deni, Atma, Yulian dan  Juliet.

 

Meski begitu, Atma, salah seorang peserta tigkat lanjut mengaku bahwa dengan belajar bahasa Polandia, ia memiliki nilai lebih dalam segi penguasaan bahasa. Atma berkesempatan menjadi liaison officer dalam Annual Meeting IMF 2018 lalu salah satunya berkat kemampuan bahasa Polandianya.

 

Foto bersama peserta kelas lanjutan dengan Lucyna Boryczko

 

“Itu bener-bener jadi nilai unik, gitu lho. Jadi ketika orang tidak bisa melihat manfaatnya secara  langsung, buat aku yang awalnya cuman sekedar pleasure itu ternyata aku menemukan pengetahun ini ada manfaatnya. Pengetahuan ini jadi added value atau nilai tambah buat kita. Jadi gak ada yang sia-sia sih belajar,” tutur Atma.

 

Ketika ditanya apakah mereka akan terus mendalami Bahasa Polandai, mereka kompak sepakat dan dengan mantap akan melanjutkan, “Ya tanggung kalau misalnya udah belajar sampai setengah, tapi udah bertahun-tahun aja belum bisa ngomong seperti native. Kalau udah bisa (tapi) cuman setengah ya buat apa?,” timpal Ayu.

 

Bagi #sahabatatma yang memiliki kecintaan untuk belajar Bahasa Polandia, Polish Language Course akan kembali hadir  pada September mendatang. Ikuti informasi terbarunya di @atmajayaintl atau @pldiindonesia

 

Foto bersama semua peserta bersama pimpinan Unika Atma Jaya dan Duta Besar Polandia

 

 

Kalender
S S R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31
bottom