Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Kominfo Apresiasi Unika Atma Jaya Mitra DTS 2021: Kolaborasi Cetak Talenta Cakap Digital

 

Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya menerima apresiasi yang diberikan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika sebagai mitra Digital Talent Scholarship 2021. Apresiasi ini diberikan sebagai bentuk kontribusi Unika Atma Jaya dalam mendukung usaha pemerintah dalam mencetak talenta-talenta yang melek dan cakap digital, (15/12).

 

Jakarta (16/12) – Salah satu terobosan pemerintah melalui Kementerian Kominfo adalah diadakannya Program Digital Talent Scholarship (DTS). Demi mempercepat penyediaan talenta digital untuk kebutuhan transformasi digital, program ungulan ini menyiapkan talenta digital di Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

 

Terlebih saat situasi pandemi Covid-19, kemampuan cakap digital diperlukan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk tetap terus mengikuti perkembangan global. Dilansir dari laman Kominfo, pelatihan DTS diperuntukkan kepada para peserta pelatihan agar mereka bisa masuk ke industri, yaitu industri digital secara global dan industri digital nasional. Program pelatihan untuk mewujudkan masyarakat digital adalah salah satu dari arahan Presiden RI, Joko Widodo tentang akselerasi transformasi digital.

 

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo Dr. Hary Budiarto menyatakan, Program DTS tahun 2021 telah sukses melampaui jumlah peserta yang ditargetkan sebanyak 100 ribu.

 

Hary Budiarto menyebut program DTS 2021 sebagai penyedia beasiswa pelatihan digital telah berhasil menggandeng mitra kerja baik dari kalangan akademisi, swasta, platform digital hingga perusahaan global ternama dalam pelaksanaannya.

 

Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo tersebut menyatakan momentum Appreciation Day Mitra DTS 2021 merupakan penghargaan atas  kerja sama dan kolaborasi yang terjalin antara Kementerian Kominfo dengan mitra pelatihan dari perguruan tinggi, asosiasi dan komunitas, perusahaan global, education technology, dan perbankan nasional.

 

“Kami berharap pada tahun-tahun berikutnya kemitraan yang telah terjalin dapat terus berlangsung untuk menjadikan Indonesia Makin Digital, Makin Maju,” ungkapnya.

 

Kesuksesan Program DTS 2021 menjadi kebanggaan bagi Unika Atma Jaya sebagai salah satu Mitra DTS yang mendapat penghargaan dalam Aprreciation Day. Rektor Unika Atma Jaya, Dr. A. Prasetyantoko mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada Unika Atma Jaya. “Penghargaan ini sebagai inisiator bagi kami untuk terus mendukung pemerintah dalam mencetak talenta yang cakap digital khususnya dalam dunia pendidikan,” ujar Prasetyantoko.

 

Seirama dengan Kemenkominfo yang terus berupaya menuju Indonesia Cakap Digital, Prasetyantoko menyebut Kampus yang tahun ini merayarakan 61 tahun karya pendidikannya, untuk terus menunjukkan sinergitas dalam memberi kontribusi pada kemajuan teknologi. Salah satunya melalui kegiatan perkuliahan yang membekali mahasiswa agar semakin melek dan cakap dengan dunia digital, etika digital, keamanan digital, dan menguasai kemampuan dasar untuk memanfaatkan ruang digital.

 

Unika Atma Jaya sebagai salah satu perguruan tinggi di Jakarta juga memberikan berbagai kemudahan bagi para mahasiswanya dalam menjalankan proses belajar mengajar dan perkuliahan. Fasilitas e-learning, virtual lab, e-library, aplikasi video conference yang bekerja sama dengan Unika Atma Jaya, webinar dengan berbagai topik dan narasumber yang sesuai dengan bidangnya, dan masih banyak lainnya fasilitas yang diberikan oleh Unika Atma Jaya bagi seluruh civitas akademika.

 

 

Sebelumnya Unika Atma Jaya mendapatkan predikat QS Star dalam penerapan belajar daring. Prasetyantoko menyebut ada tiga komponen utama dalam penilaian predikat tersebut yaitu Student Faculty Engagement, Student Interaction, dan Student Services and Technology.

 

"Dengan tersedianya Learning Management System (LMS) seperti Moodle dan Microsoft Teams, Office 365, tersedianya Massice Open and Online courses (MOOC) AtmaZeds, serta digital library AtmaLib, Unika Atma Jaya memastikan ruang belajar digital yang memadai bagi mahasiswa dan dosen," ungkap Prasetyantoko.

 

Penggunaan dan terus terjadinya perkembangan teknologi informasi, Unika Atma Jaya sebagai lembaga pendidikan perguruan tinggi juga terus berupaya memperbarui fasilitas teknologi digital untuk menunjang kegiatan perkuliahan khususnya menuju tahun 2022.

 

Tidak hanya itu, terkait dengan kondisi pasca pandemi di tahun 2022, sivitas akademika Unika Atma Jaya telah bulat membawa pesan: “Atma Jaya untuk Masa Depan yang Berkelanjutan”.  Pesan ini tentu saja dirumuskan dengan tetap memperhatikan visi dan semangat pendirian Atma Jaya, yaitu; “Untuk Tuhan dan Tanah Air”.

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
bottom